Inspektorat Jenderal
Kementerian Kelautan dan Perikanan melaksanakan kegiatan Workshop Tim
Penanganan Pengaduan Lingkup KKP pada
tanggal 15 – 16 Juni 2015 bertempat Aston Bogor Hotel and Resorts, jalan Dreded
Pahlawan The Jungle Bogor Nirwana Residence, Bogor Jawa Barat dan dihadiri oleh
Tim Pengaduan dari Inspektorat Jenderal, Ditjen Perikanan Tangkap, Ditjen
Perikanan Budidaya, Ditjen P2HP, Ditjen KP3K, Ditjen PSDKP, Badan Litbang KP,
Badan Pengembangan SDMKP dan Badan KIPM. Kegiatan workshop dibuka oleh Bapak
Ir. A. Bambang Sutejo, M.Si Inspektur V Inspektorat Jenderal KKP.
Paparan disampaikan
oleh :
a) Pimpinan KPK dengan judul Kebijakan dan tata cara pengaduan
dilingkungan KPK.
b) Inspektur Bidang Investigasi, Itjen Kementerian Keuangan dengan
judul Kebijakan dan tata cara pengaduan dilingkungan Kementerian Keuangan.
c) Sekretariat Kepresidenan dengan judul Mekanisme penanganan
pengaduan melalui LAPOR.
d) Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi, Sekjen KKP dengan
judul Keterbukaan informasi publik terkait data pengaduan dan rencana
pengembangan pengelolaan dan rencana pengaduan dilingkungan KKP.
e) Ketua Tim Pengendali Mutu pada Inspektorat V Itjen KKP dengan
judul Penjelasan mekanisme penanganan pengaduan dilingkungan KKP.
f) Koordinator Pengawasan Khusus pada Inspektorat V dan Tim
Aplikasi Whistleblowing System dengan
judul Tata cara penulisan dan penelaahan pengaduan whistleblower dan
masyarakat.
g) Auditor pelaksana pada Inspektur V Itjen KKP dengan judul
Penjelasan Teknis penggunaan aplikasi whistleblowing
system KKP.
Tim Penanganan Pengaduan
terdiri dari :
a)
Tim Kementerian, Menteri
membentuk Tim Penanganan Pengaduan Kementerian dan menetapkan Tim Sekretariat
Penanganan Pengaduan Kementerian pada Inspektorat V, Inspektorat Jenderal.
b)
Tim
Eselon I, Direktur Jenderal dan Kepala Badan Lingkup Kementerian
atas nama Menteri membentuk Tim Penanganan Pengaduan Unit Kerja Eselon I pada
unit kerja masing-masing.
Tim
Penanganan Pengaduan mempunyai tugas :
1)
menerima Pengaduan dari Pegawai/Masyarakat;
2)
mengumpulkan informasi mengenai kebenaran Pengaduan;
3)
mengumpulkan data atau keterangan lainnya yang relevan
dengan Pengaduan;
4)
menilai ancaman atau gangguan yang sudah atau akan
terjadi pada Pengadu;
5)
melakukan telaahan atas Pengaduan;
6)
menyiapkan laporan hasil telaahan untuk disampaikan
kepada Inspektur Jenderal atau kepala satuan kerja.
Tindak lanjut yang diharapkan
dari workshop ini adalah :
a)
Tersedianya cara penyampaian informasi penting dan kritis
bagi KKP kepada
pihak yang harus segera menanganinya secara aman;
b)
Timbulnya keengganan untuk melakukan pelanggaran, dengan semakin
meningkatnya kesediaan untuk melaporkan terjadinya pelanggaran, karena
kepercayaan terhadap sistem pelaporan yang efektif;
c)
Tersedianya mekanisme deteksi dini (early warning
system) atas kemungkinan terjadinya masalah akibat suatu pelanggaran;
d)
Tersedianya kesempatan untuk menangani masalah
pelanggaran secara internal terlebih dahulu, sebelum meluas menjadi masalah
pelanggaran yang bersifat publik;
e)
Mengurangi risiko yang dihadapi organisasi, akibat dari
pelanggaran baik dari segi keuangan, operasi, hukum, keselamatan kerja, dan
reputasi dan biaya dalam menangani akibat dari terjadinya
pelanggaran;
f)
Meningkatnya reputasi KKP di mata pemangku kepentingan (stakeholders),
regulator, dan masyarakat umum;
g)
Memberikan masukan kepada organisasi untuk melihat lebih
jauh area kritikal dan proses kerja yang memiliki kelemahan pengendalian
internal, serta untuk merancang tindakan perbaikan yang diperlukan;
h)
Tim
penanganan pengaduan diharapkan
bekerja untuk menindaklanjuti setiap pengaduan yang masuk untuk diteruskan
kepada pejabat terkait dilingkungan KKP untuk ditindaklanjuti.
Saluran
Pengaduan Masyarakat di Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan cara :
1.
Web
side whistleblower.kkp.go.id
2.
Email
pengaduan@kkp.go.id
3.
Sms
ke nomor 0811989011
4.
Telpon
ke nomor 021-46662111
5.
Kirim
surat ke Po Box 111.JKP.10000
6.
Masukan
ke Kotak Saran yenag tersebar di kantor kantor Kementerian Kelautan dan
Perikanan baik pusat maupun di daerah.
Peserta Workshop Tim Penanganan Pengaduan
Email mukhtar_api@yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar