03 Juni, 2011

Manfaat Ikan Untuk Kesehatan dan Lainnya

Ada Apa Dengan Ikan

Oleh : Mukhtar, A.Pi, M.Si

Definisi Ikan
Binatang bertulang belakang yg hidup dl air, berdarah dingin, umumnya bernapas dengan insang, biasanya tubuhnya bersisik, bergerak dan menjaga keseimbangan badannya dng menggunakan sirip; atau segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati perairan, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntungkan sebagai makanan bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

Kandungan Ikan

Asam lemak Omega-3 yaitu EPA dan DHA, yang berfungsi mencegah aterosklerosis (terutama EPA), melindungin jantung. Keduanya dapat menurunkan secara nyata kadar trigliserida di dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol di dalam hati dan jantung dan merupakan Zat Pencerdas Otak.
Protein 18 % terdiri dari asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. Kandungan lemaknya 1-20 persen lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. protein yang berkualitas tinggi. Protein dalam ikan tersusun dari asam-asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan. Selain itu protein ikan amat mudah dicerna dan diabsorpsi.

Lemak sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan dapat menurunkan kolesterol darah.

Vitamin yang larut dalam air dan terdapat dalam ikan adalah 4 macam vitamin tergolong dalam famili vitamin B, yaitu B6, B12, Biotin, dan Niacin.

Mineral dalam ikan IKAN mengandung banyak mineral termasuk magnesium, phosphor, iodium, fluor, zat besi, copper, zinc, dan selenium. Ikan dari laut banyak mengandung iodium, untuk mencegah penyakit gondok.

Kalsium kecuali kalau bisa dimakan dengan tulangnya. Selenium merupakan mineral yang terdapat dalam ikan dan dalam tubuh kita bekerjasama dengan vitamin E sebagai zat antioksidan untuk memperlambat oksidasi asam-asam lemak tak jenuh. Selenium bersama vitamin E mempertahankan elastisitas jaringan dan bila selenium kurang di dalam tubuh maka akan terjadi premature daging.

Manfaat Bagian Ikan
Kepala dan Mata ikan mengandung polyscharida yang berfungsi mengontrol aliran darah.

Kulit ikan mengandung Vitamin A dan B2 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.
 Kulit ikan bisa juga dibuat produk kerajinan seperti Dompet, tas, ikan pinggang dan sepatu. Penyamaan kulit ikan yang sudah mulai diteliti sejak tahun 1979 oleh Instansi Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Daging ikan mengandung protein berkualitas tinggi dan vitamin yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuh.
Perut ikan mengandung lemak omega-3 (EPA) yang berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah dan dapat menurunkan kolestrol.


Tulang Ikan mengandung kalsium dan kolagen yang sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Minyak ikan mengandung DHA (Docahexaenoic Acid) yang sanagat penting dalam pertumbuhan otak serta perkembangan renita mata.


Salah satu kandungan bermanfaat dalam sirip ikan hiu adalah kartilago atau tulang rawan, yang diyakini mampu memperbaiki kekebalan tubuh





Penulis : Kepala Stasiun PSDKP Belawan, 2 Juni 2011Rata Tengah

Budayakan Makan Ikan Mulai Sekarang Agar Sehat, Kuat dan Cerdas.

Tidak ada komentar: