27 Januari, 2019

Menteri Susi Masuk 10 Besar Pemikir Dunia karena Berani Tenggelamkan 363 Kapal

Menteri Susi Masuk 10 Besar Pemikir Dunia karena Berani Tenggelamkan 363 KapalTRIBUNJOGJA.COM - Susi Pudjiastuti'>Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk ke dalam daftar bergengsi Global Thinkers 2019. Susi masuk ke dalam kategori 10 besar tokoh yang dianggap punya pengaruh di bidang pertahanan dan keamanan menurut versi majalah ternama Foreign Policy.

Menteri kelahiran Pangandaran, Jawa Barat tersebut bersanding dengan perempuan berpengaruh lain seperti Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen dan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wazed.

Dalam editorialnya, Foreign Policy memaparkan Susi berada dalam daftar karena komitmennya dalam mempertahankan kelestarian ikan serta biota laut.
Komitmen itu ditunjukkan dengan keberaniannya menelurkan kebijakan yang dianggap menakutkan, serta diperhatikan kawan maupun lawan.

Susi dikenal karena keputusannya menenggelamkan kapal nelayan yang kedapatan memancing secara ilegal di wilayah perairan Indonesia.
Ketika berkunjung ke Norwegia pada Juni 2018, Susi menjelaskan bahwa saat ini Indonesia telah menenggelamkan 363 kapal di teritorinya.

Dampak dari kebijakan tersebut, lanjutnya, adalah stok ikan meningkat dari sebelumnya 6,52 juta ton pada 2011 menjadi 12,5 juta ton pada 2017.
Kemudian ukuran ikan yang ditangkap nelayan mengalami peningkatan, jarak melaut kian dekat, serta neraca perdagangan perikanan Indonesia nomor satu di ASEAN pada 2016.

Kebijakan yang menuai prestasi di forum internasional seperti FAO bukannya tanpa tantangan.
Di Norwegia, Susi mengaku merasa gelisah. Sebab, dia merasa berjuang sendiri tanpa mendapat dukungan di negeri sendiri. Belum lagi konsistensi penegakan hukum terbentur kepentingan.

Kebijakannya itu juga sempat menimbulkan ketegangan dengan China yang menuduh Indonesia menembaki kapal nelayan dan melukai satu orang. (Ardi Priyatno Utomo)


Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Menteri Susi Masuk 10 Besar Pemikir Dunia karena Berani Tenggelamkan 363 Kapal, http://jogja.tribunnews.com/2019/01/23/menteri-susi-masuk-10-besar-pemikir-dunia-karena-berani-tenggelamkan-363-kapal.

Editor: iwanoganapriansyah

Baca Berita Illegal Fishing Lainnya 
 
Mau Sehat Minum Air Izaura
Bebas Finansial Di Masa Depan Gabung Dgn Jaringan Bisnis
Air Sehat Izaura
 
Cari Kos Kosan di Kota Kendari ini tempat 
Menerima pesanan Kanopi, Pagar Besi, Jendela
 dengan Harga Murah dengan Sistim Panggilan.
 
  Miliki Kavling tanah di Pusat Pemerintahan Kabupaten Bima di GRIYA GODO PERMAI BIMA


Tidak ada komentar: