UPT PPS Kendari Ditjen Perikanan Tangkap KKP pada
tanggal 24 Agustus 2018 melaksanakan Kegiatan Paparan Hasil
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dibuka oleh Plt. Kepala PPS Kendari dengan Tujuan “Dapat mengetahui Kelemahan Atau Kekurangan Pelayanan
Publik Oleh Pimpinan Dan Seluruh Pegawai Sehingga Dapat Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
Kepada Pelaku Usaha Sesuai Standar Yang Ditelah Ditetapkan Bersama”.
Peserta Paparan Hasil
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) berjumlah
70 (tujuh puluh) orang meliputi Unsur
Pimpinan Perusahaan Perikanan Lingkup PPS kendari, Pemilik/Pengurus kapal
perikanan, Pimpinan dan Staf PPS Kendari, Pimpinan dan Staf UPT KKP di Kendari
(Stasiun KIPM, Satwas SDKP, Satker BPSPL), Kantor Kesehatan Pelabuhan, Staf
Sekretariat Diretorat Jenderal Perikanan Tangkap serta dari Kantor Perwakilan
Ombudsmen RI Sultra.
Narasumber dan
materi yang disajikan sebagai
berikut:
1)
Antonius Budi Utomo, A.Pi Plt. Kepala PPS Kendari judul
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) didampingin Dra. Radiah Yustiari selaku Ketua Tim
Survei Kepuasan Masrakat (SKM) dengan menjelaskan hasil SKM :
a)
Layanan yang dilakukan survei sebanyak 5 layanan yaitu Pelayanan
Surat Keterangan Asal Ikan (SKAI), Pelayanan Surat Persetujuan Berlayar (SPB),
Pelayanan Jasa Tambat dan Labuh, Pelayanan Sewa Lahan dan Pelayanan Sertifikasi
Hasil Tangkapan Ikan (SHTI) dari pelayanan publik yang distandarkan sebanyak 24 layanan.
b)
Responden survey indeks
kepuasan masyarakat pengguna
sebanyak 145 orang yang
terdiri laki-laki sebanyak 128 orang dan perempuan sebanyak 17 orang.
c)
Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di PPS Kendari, secara umum mencerminkan tingkat kualitas yang baik (80)
dengan mutu pelayanan B. Hal ini terbukti ke-9 unsur pelayanan yang dievaluasi memiliki nilai rata-rata per unsur
3,19. Dari Nilai rata-rata perunsur yang dinilai adalah persyaratan
3,24, Sistem, Mekanisme, Prosedur 3,29, Waktu Penyelesaian 3,09, Baiaya/Tarif
2,91, Produk Spesifikasi Layanan 3,28, Kompetensi Pelaksana 2,98, Perilaku
Pelaksana 3,19, Penanganan Pengaduan, saran dan masukan 3,05, Sarana dan
prasarana 3,73.
d)
Berdasarkan urutan besaran Indeks Kepuasan Masyarakat
dari penilaian pengguna jasa terdapat 2 (dua) unsur yang kurang baik yaitu
unsur biaya/tarif dan unsur kompetensi pelaksana. Sedangkan unsur lainnya yaitu
persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, produk spesifikasi, perilaku petugas,
sarana prasarana dan penanganan pengaduan memiliki kinerja yang baik.
2) Dyah Harini, SH Kabag Hukum,
Organisasi dan Kerja Sama Sesditjen Perikanan Tangkap dengan judul Arah Kebijakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Direktorat Jenderal Perikanan
Tangkap Dan Pedoman Penyusunan Survei
Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan
Publik.
Pembahas dan pakar yang memberikan
tanggapan dan masukan atas Hasil Survei Kepuasan Masyarakat
(SKM) antara lain :
1) Dyah Harini, SH Kabag Hukum,
Organisasi dan Kerja Sama Sesditjen Perikanan Tangkap.
2) Mastri Susilo Kepala Perwakilan
Ombudsman RI Prov Sulawesi Tenggara.
3) Pimpinan
Instansi Terkait Stasiun
KIPM, Satwas SDKP, Satker BPSPL, Kantor Kesehatan Pelabuhan.
4) Pimpinan Perusahaan, Pengurus kapal
lingkup PPS Kendari.
5) Staf Sekretariat Direktorat Jenderal
Perikanan Tangkap dan Staf PPS Kendari.
Tanggapan dan masukan untuk
perbaikan pelayanan publik dan perbaikan survei kepuasan masyarakat antara lain
:
1) Dalam melaksanakan survey pihak PPS Kendari
sesuai dalam Permen PAN RB bisa juga dilaksanakan oleh Pihak Ketiga atau Unit
Independen sehingga hasil survei dapat obyektif;
2) Alasan pengambilan Sample terhadap
Obyek yang disurvey sebanyak 5 Unit Layanan dari 24 unit layanan yang dilakukan
oleh PPS Kendari. Indikator dalam penentuan sample harus jelas dan terukur;
3) Untuk survey kedepan bisa ditambahkan
dalam teknik pengumpulan data melalui FGD atau wawancara mendalam untuk
trianggulasi data.
4) Untuk 2 unsur penilaian SKM yang
nilainya kurang baik ( C ) yaitu tarif (2,93) dan Kompetensi Pelaksana (2,98)
maka perlu dibuat rencana tindak lanjut yang menjadikan 2 unsur SKM tersebut
menjadi prioritas bukan hanya di 5 unit layanan tetapi di 24 unit layanan yang
ada di PPS Kendari;
5) Rencana Tindak Lanjut dapat disusun
dalam jangka pendek, menengah dan jangka penjang dengan memasukkan
penanggungjawabnya;
6) Penyajian hasil survey sebaiknya
jangan hanya berupa grafis/indeks tetapi juga bisa disajikan secara kualitatif
sehingga bisa diketahui masalah-masalah yang betul-betul dirasakan oleh
pengguna layanan;
7) Dalam
rangka peningkatan transparansi hasil penyusunan SKM unit pelayanan menjelaskan
metode survei, rencana dan tindaklanjutnya, monitoring dan evaluasi secara
periodik wajib dipublikasikan Publikasi
minimal dilakukan diruang layanan, media cetak, media online, website atau
jejaring sosial lainnya;
Pelaksanaan kegiatan ini sudah
berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan seluruh peserta dan Pimpinan
dan staf PPS Kendari memahami, mentaati
prosedur pelayanan dan akan meningkatkan pelayanan publik di PPS Kendari sesuai standar pelayanan yang berlaku.
PPS Kendari Melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2018
Cari Kos Kosan di Kota Kendari ini
tempat
Menerima pesanan
Kanopi, Pagar Besi, Jendela
dengan Harga
Murah dengan Sistim Panggilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar