06 Juli, 2018

Nelayan Pengambengan sangat antusias mengikuti kegiatan “Desiminasi Prakiraan Cuaca dan Prakiraan Peta Daerah Penangkapan Ikan”.

Kamis (28Juni 2018) Bertempat di BalaiPertemuanNelayan (BPN) PelabuhanPerikanan Nusantara Pengambengan, dilaksanakan kegiatan desiminasi prakiraan cuaca dan peta prakiraan daaerah penangkapan ikan. Kegiatan ini diikuti oleh 35 Orang peserta, yaitu para nakhoda, juragan panggung, pemilik/pengurus kapal dan mahasiswa magang dari universitas Brawijaya dan Universitas Padjajaran.  Diseminasi dibuka oleh Kepala PPN Pengambengan serta penjelasan umum oleh Kepala Balai Riset dan Observasi Laut – Perancak dan Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Jembrana yang selanjutnya diisi materai pokok dan praktek terkait Prakiraan Cuaca dan Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (khusus untuk perairan Selat Bali). 

Kepala PPN Pengambengan menyampaikan bahwa hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Pemerintah ini, akan bermanfaat maksimal hanya apabila teman2 juragan panggung dan nakhoda : PERTAMA: MAMPU MEMAHAMI peta/gambar/informasi tentang prakiraan daerah penangkapan ikan dan prakiraan cuaca.  Selanjutnya yang KEDUA : MAU menjadikan informasi2 tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam operasional penangkapan ikan. Dengan demikian, selain mengandalkan intuisi berdasarkan pengalaman, nelayan juga akan menggunakan informasi dari BROL dan Stasiun Klimatologi Kelas II sehingga diharapkan usaha penangkapannya menjadi lebih efesien dan hasil tangkapannya meningkat.

Selama pertemuan, peserta sangat antusias bertanya dan mengusulkan berbagai hal sehingga disepakati model peta yang akan ditampilkan.  Informasi prakiraan cuaca dan prakiraan peta daerah penangkapan akan disampaikan kepada nelayan melalui WA group “Nelayan Cerdas” dan display melalui TV di bangsal jaring. 

Tiga Instansi (PPN Pengambengan, BROL Perancak, Stasiun Klimatologi Kelas II Jembrana) berkomitmen untuk mendorong nelayan Pengambengan  lebih cerdas.

 

PPN Pengambengan news, Kamis 28 Juni 2018. Kepala PPN Pengambengan mengajak Kepala Balai Riset dan Observasi Laut (BPOL) Perancak dan Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Jembrana untuk menyebarluaskan informasi terkait Prakiraan Cuaca dan Peta Prakiraan Daerah  Penangkapan Ikan di WPP 573 (khususnya perairan Selat Bali) kepada nelayan Pengambengan.  Kegiatan ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan nelayan: “Bagaimanakah kondisi cuaca selama kami di laut dan dimanakah ikan berada?”. 

Hasil penelitian terkait Prakiraan Cuaca dan Peta Prakiraan Daerah  Penangkapan Ikan di WPP 573 sudah dilakukan dan setiap hari diperbaharui, namun nelayan masih belum bisa menginterpretasikannya sehingga informasi prakiraan yang sangat baik ini belum dimanfaatkan oleh nelayan secara maksimal. 

Menyadari kondisi di masyarakat seperti itu, maka dengan diawali kegiatan “Diseminasi Prakiraan Cuaca dan Peta Prakiraan Daerah  Penangkapan Ikan”, pimpinan tiga instansi (PPN Pengambengan, BROL Perancak dan Stasiun Klimatologi Kelas II Jembrana) berkomitmen untuk mendorong nelayan cerdas dengan menyusun peta prakiraan sesuai kesepakatan sehingga mudah dipahami nelayan dan dijadikan salah satu acuan dalam melakukan penangkan ikan. Selanjutnya penyebar-luasan informasi peta prakiraan harian akan dilakukan melalui WA Group “Nelayan Cerdas” dan Display yang sarananya diadakan oleh BMKG dan PPN Pengambengan.


Tidak ada komentar: