09 Oktober, 2017

Kebijakan Susi Bikin Stok Ikan Nasional Naik 5 Juta Ton

Menteri Susi di ViennaMenteri Susi di Vienna (Foto: Dok. KKP)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah banyak mengeluarkan aturan guna memberantas praktik illegal fishing. Salah satu yang paling populer adalah menenggelamkan ratusan kapal ikan asing setiap tahunnya.
Kebijakan ini ternyata bikin kapal ikan asing takut masuk ke Indonesia. Hasilnya, stok ikan tangkap meningkat cukup signifikan. Nelayan lokal diuntungkan.
"Kita sekarang bisa lihat di daerah sentra perikanan itu produksi melonjak. Contoh yang sudah disampaikan Ditjen Perikanan Tangkap, di Merauke itu yang terdata di Kantor Karantina 10 kali lipat (melonjak)," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPMKHP KKP) Rina saat ditemui di kantor pusat KKP, Gambir, Jakarta, Senin (9/10).

Hasil Ikan di Dagho Pulau Sangihe MelimpahIkan tangkapan nelayan Dagho. (Foto: Istimewa)
Dia menambahkan kebijakan yang dikeluarkan Susi menciptakan kondisi laut yang bersih. Artinya, kebijakan Susi dalam memerangi illegal fishing ini terbukti meningkatkan jumlah populasi ikan sekaligus menciptakan ekosistem laut yang seimbang.
"Jadi memang kebijakan ini memberi laut untuk relaksasi apalagi untuk merefresh ikan-ikan dengan tidak terganggu dan tidak ada kapal-kapal itu (ilegal) berarti kan benih-benih bisa tumbuh dengan baik, yang induk-induk sudah bisa bertelur," jelasnya.
Buktinya, sebelum adanya pemberantasan praktik illegal fishing oleh Susi, Komisi Nasional Pengkajian Stok Ikan (Komnas Kajiskan) mendata stok ikan nasional hanya sekitar 7 juta ton. Sedangkan kondisinya sekarang naik lagi menjadi 12 juta ton.

Hasil Ikan di Dagho Pulau Sangihe MelimpahIkan di perairan Dagho melimpah. (Foto: Istimewa)
Selain itu, perikanan tangkap di Bitung juga naik signifikan. Tahun 2012 hasilnya sebanyak 11.000 ton dan kembali meningkat di 2016 menjadi 59.000 ton. Sedangkan di semester I-2017, hasilnya baru mencapai 26.000 ton.
"Jadi memang hasil dari kajian pun yang tadinya kita stoknya 7 juta udah 12 koma sekian juta. Jadi ini memberikan dampak yang nyata untuk kelimpahan ikan," tegasnya.

https://kumparan.com/wiji-nurhayat/kkp-kebijakan-susi-bikin-stok-ikan-nasional-naik-5-juta-ton

Tidak ada komentar: