02 Agustus, 2014

Materi Evolusi Ikan Forel Pelangi Oncorhynchus mykiss


Laporan Penelitian - Sekira 100 juta tahun lalu, genom Ikan Forel Pelangi (Oncorhynchus mykiss) menggandakan sendiri. Sejak itu sekitar setengah dari gen penyandi protein yang digandakan telah hilang, tapi hampir semua asli dan duplikat gen yang mengontrol penyajian gen masih ada.

Laporan baru menantang teori bahwa seluruh genom duplikasi diikuti dengan cepat reorganisasi besar-besaran dan penghapusan materi genetik. Sebaliknya, proses editing gen lebih lambat dan lebih metodis. Satu implikasi untuk pemahaman baru bagaimana vertebrata berevolusi.

Ikan Forel Pelangi (Oncorhynchus mykiss) memanjang dengan sisi memudar dari hijau di bawah sirip dorsal menjadi kuning dan putih. Anggota Salmonidae yaitu keluarga ikan yang juga mencakup salmon, char dan grayling.

Forel Pelangi mengangkangi dunia nature dan nurture, secara alami berkembang dalam berbagai suhu dan kualitas air serta menanggapi domestikasi dengan baik sehingga disebarkan tangan manusia secara luas dari Rim Pasifik ke perairan di 6 benua.

Tidak seperti proses evolusi kebanyakan yang melibatkan mutasi dan seleksi sifat menguntungkan, penggandaan Forel Pelangi bertindak seperti penyalinan draft dari sebuah tulisan yang dapat diedit dan disusun kembali tanpa risiko merusak versi sebelumnya.

Biasanya konsekuensi peristiwa penggandaan hilang karena dihapus secara selektif dalam generasi berikutnya. Tetapi karena 100 juta tahun adalah waktu yang relatif singkat ketika berbicara evolusi, Forel Pelangi adalah sekilas proses editing evolusi ikan.

"Sebagian besar gen duplikasi dimodifikasi sehingga tidak lagi dikenali seiring waktu. Dalam forel dan salmon kita dapat melihat tahap awal dalam proses dan banyak gen yang diduplikasi masih ada," kata Gary Thorgaard, biolog Washington State University.

Sekuen genom dan data ekspresi gen yang menyimpan setengah dari semua coding gen protein telah terhapus sejak acara penggandaan genetik atau mempertahankan hampir semua gen microRNA yang membantu mengatur ekspresi gen.

"Tampaknya bahwa tingkat evolusi dapat bervariasi dalam situasi yang berbeda. Fosil hidup Lungfish dan coelacanth yang telah ada selama ratusan juta tahun hidup tanpa perubahan banyak," kata Thorgaard.

"Lainnya seperti beruang kutub, tampaknya telah berevolusi baru-baru ini. Setelah duplikasi gen forel, proses terjadi lebih lambat daripada di sebagian besar hewan vertebrata lainnya dan kita masih dapat melihatnya terjadi," kata Thorgaard.

The rainbow trout genome provides novel insights into evolution after whole-genome duplication in vertebrates

Camille Berthelot1 et al.
  1. Ecole Normale SupĂ©rieure, Institut de Biologie de l’Ecole Normale SupĂ©rieur, IBENS, 46 rue d'Ulm, Paris F-75005, France
Nature Communications, 22 April 2014

Akses : DOI:10.1038/ncomms4657
 

Tidak ada komentar: