18 Maret, 2014

Forum SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Maluku Tenggara

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maluku Tenggara melaksanakan Kegiatan Forum SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2014 pada tanggal 14 Maret 2014 bertempat di Hotel Suita Langgur. Surat Undangan  kegiatan No. 005/578/SETDA tanggal 12 Maret 2014 yang ditandatangani oleh Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs. Yunus Serang, M.Si dengan peserta para Kepala SKPD Pemberdayaan Pemerintah Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal (Pelabuhan Perikanan Nuantara Tual, Stasiun Pengawasan SDKP Tual, LIPI), para Camat dan perwakilan kelompok nelayan.




Kegiatan Forum SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2014  dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maluku Tenggara Ir. B. L. Letalay dengan Tujuan Menyusun rencana awal Rencana Kerja SKPD antara lain 1, Mengkompilasi hasil Musrenbang kecamatan, 2, Memilih usulan berdasarkan bidang di SKPD, 3. Menentukan sumber anggaran dari setiap anggaran.
 
Menurut panitia Kegiatan Forum SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2014 diselenggarakan dalam rangka menjaring aspirasi untuk penyempurnaan dan pemutahiran rancangan kebijakan menyusun Renja Bidang Kelautan dan Perikanan dengan mengendepakan pendekatan system bottom-up planning berdasarkan asas demokratisasi dan desentralisasi.

Pada paparannya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maluku Tenggara Mengatakan Kabupaten Maluku Tenggara merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi sumberdaya perikanan yang cukup tersedia karena berada pada dua wilayah pengelolaan perikanan yakni WPPNRI 714 meliputi laut banda dan laut arafuru dan WPPNRI 718 dengan tingkat keanekaragaman yang bervariasi baik hayati maupun non hayati sehingga sejalan dengan semangat otonomisasi mengharuskan dapat menentukan arah pengembangan dan kebijakan program-program pembangunan sector kelautan dan perikanan sesuai prioritas, tahapan dan berkelanjutan.

Masukan yang ditampung pada acara ini dari Bapak Silvinus MC Jafroran, S.Pi Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual yaitu pada program pengembangan perikanan tangkap yang meniti beratkan pembangunan pangkalan pendaratan ikan dan pembangunan tempat pelelangan ikan, beliau menyarankan agar didahului dengan study awal dan perencanaan yang matang sehingga nanti setelah dibangun dapat dimanfaatkan, jangan sampai bangunan tersebut tidak digunakan.

Masukan Mukhtar, A.Pi, M.Si Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Tual yaitu pada kegiatan program pemberdayaan masyarakat dalam pengawasan dan pengendalian, seperti Pembangunan Pos Pengawasan sebaiknnya di tempat aktivitas kegiatan kapal perikanan dimana disitu aka nada pelayanan penerbitan SLO dari pengawas perikanan dan Surat Persetujuan Berlayar dari Syahbandar, Gelar Operasi sebaiknnya dilakukan bersama sehingga mencapai keberhasilan, Penanganan Tindak Pidana Perikanan sebaiknnya dilakukan penyidikan bersama karena PPNS Perikanan ada di beberapa UPT KKP, Temu Teknis Kelompok Masyarakat Pengawas dilakukan lokasi dimana Pokwasmas tersebut berada digabung beberapa desa atau kecamatan terdekat, selain itu perlu dilakukan pembinan berkala dengan mendatangin mereka, Koordinasi pengawasan laut sebaiknnya dilakukan berkala dengan model coffe morning, Untuk paket bantuan sebaiknnya diberikan kepada Kelompok Masyarakat Pengawas kaena mereka adalah kelompok plus.

 
 Penulis  : Mukhtar, A.Pi, M.Si
Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Tual (Peserta)

Tidak ada komentar: