26 Juli, 2018

BKIPM Padang Musnahkan Ikan Hasil Sitaan Tanpa Dokumen

Padang – Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Padang, Sumatera Barat memusnahkan 30 kilogram ikan kering tidak berizin yang dibawa dari luar negeri. Kepala BKIPM Padang, Rudi Barmara mengungkapkan, pemusnahan tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir tersebarnya penyakit yang terdapat pada produk perikanan yang dibawa dari luar negeri.

Adapun ikan yang dimusnahkan adalah hasil pemeriksaan yang disita dari wistawan Malaysia dan Singapura. "Mereka datang melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan tidak mengantongi sertifikat kesehatan dari negara asal," ujar Rudi pada Selasa (24/7).

Rudi menilai, setiap ikan yang dibawa dari luar negeri ke Indonesia harus memiliki izin dan mengantongi sertifikat kesehatan dari negara asal. Jika tidak, maka tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia dan siap disita.

"Kita tidak fokus kepada berapa jumlah ikan yang diamankan, tetpai potensi penyebaran penyakit yang dibawa ikan tersebut. Satu ekor ikan yang dibawa masuk ke Indonesia harus mengantongi sertifikat kesehatan," tuturnya.

Apabila ikan didatangkan dari luar negeri, lanjut Rudi, hanya diperbolehkan di beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Belawan Media, Tanjung Emas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, Batu Ampar Batam, Soekarno Hatta Makassar, dan Tanjungwangi di Banyuwangi. Sementara untuk bandara, hanya diperbolehkan di seluruh Bandara Internasional saja. Selain itu, di pos pemeriksaan lintas batas, yakni di Entikong dan Merauke.

Hal tersebut sesauai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 46/Permen-KP/2014 tentang pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan yang masuk ke dalam wilayah negara Republik Indonesia.

Sejak Februari hingga Juli 2018, BKIPM Padang telah melakukan melakukan 13 kali penyitaan barang bawaan wisatawan yakni ikan kering, mulai dari ikan ter, tenggiri, ikan beledang asin, cumi-cumi dan udang.




KAVLINGAN GRIYA GODO PERMAI BIMA

Kos Putri Salsabilla Kendari

BATIK MOTIF IKAN


Tidak ada komentar: