02 Agustus, 2014

Serangan Udara Ikan Macan Afrika Hydrocynus vittatus

Laporan Penelitian - Ikan melompat dan hap menangkap burung sedang terbang. Ikan Macan Afika (Hydrocynus vittatus) menerkam mangsa hidup-hidup dengan menyambar burung yang sedang terbang di udara danau Afrika.

Di perairan danau Afrika tampak indah, tenang dan damai. Beberapa burung migran terbang di atas dekat permukaan. Tiba-tiba tak diduga predator dengan cepat melompat dari dalam air, ikan meraih salah satu burung langsung dari udara. Ini sangat keren.

"Seluruh aksi melompat, menangkap dan menelan terjadi begitu cepat. Kita pertama kali melihatnya. Kami butuh waktu sesaat untuk benar-benar sepenuhnya memahami kejadian yang baru saja terlihat," kata Nico Smit, enviromentalis North-West University di Potchefstroom, South Africa.

"Ini dikonfirmasi pertama ikan air tawar memangsa burung dalam penerbangan. Rumor perilaku African tigerfish (Hydrocynus vittatus) yang dilaporkan melompat 1 meter panjang sudah beredar sejak tahun 1940," kata Smit.

Danau Mapungubwe National Park di Afrika Selatan adalah oase jalur migrasi burung Wallet Barn (Hirundo rustica) di dekat perbatasan Botswana dan Zimbabwe. Smit dan rekan merekam video 20 serangan ikan sukses setiap hari.



First observation of African tigerfish Hydrocynus vittatus predating on barn swallows Hirundo rustica in flight

G. C. O'Brien1 et al.
  1. Water Research Group (Ecology), Unit of Environmental Sciences and Management, North-West University, Potchefstroom, South Africa
Journal of Fish Biology, 19 DEC 2013

Akses : DOI:10.1111/jfb.12278

Gambar: Les Gibbon/Alamy
Video: G. C. O'Brien et al., DOI:10.1111/jfb.12278

http://www.laporanpenelitian.com/2014/01/48.html

Tidak ada komentar: