08 Mei, 2014

SALAH SATU ORANG PINTAR DUNIA MILIK BANGSA INDONESIA BAPAK BJ. HABIBIE

Kenapa saya ingin menulis tentang seorang BJ. Habibie di Blog saya Ini ?? 
ya seperti judul yang saya tulis di atas tadi , karena sebagai seorang warga negara indonesia, saya sangat  bangga indonesia mempunyai orang pintar & cerdas seperti beliau,.

Ketika saya masih sekolah SD dahulu di B. lampung sekitar tahun 80an , saya selalu mendengar bahwa anak anak kecil yang sekolah dan ketika  ditanya oleh orang tua maupun saudaranya bahwa sudah besar nanti akan menjadi apa??  , maka kebanyakan dari teman teman saya  ingin menjadi Insyinyur seperti Bapak Menteri Riset & Technology Prof . DR . BJ habibie..
 
yah memang seorang Bj, Habibie dari dahulu sampai saat ini tidak ada satupun yang bisa menyamai beliau dari cara pola pikirnya maupun dari kepinterannya di bidang technology , entah kapan Indonesia akan mempunyai pengganti Bapak habibie yang begitu Pintar dan cerdas di dunia, yang di miliki bangsa Indonesia.

Saat  pernah menjabat sebagai presiden  RI saya  tidak kagum  dia menjadi presiden RI ke 3 yang menggantikan presiden soeharto yang lengser pada bulan Mei 1998. karena beliau bukan seorang politikus tapi beliau lebih cenderung sebagai seorang tehnologywan ,.walau beliau lama menjabat sebagai menteri di era Pak harto dari tahun 1978-1998 .
 
Tapi walau bukan seorang politikus , Pak Habibie sempat membuat perubahan perubahan dalam keputusan presiden yang pernah ada pada era soeharto , salah satunya  membatasi jabatan presiden yang hanya boleh berkuasa @2 periode saja atau 10 tahun saja seperti yang saat ini di lakukan oleh Susilo Bambang Yudhoyono atau kerap di panggil SBY. yang saat ini hampir 10 tahun atau 2 periode beliau memimpin Indonesia.sampai jabatannya berakhir pertengahan tahun 2014 ini.


********

BJ. Habibie adalah orang yang lahir di Pare Pare sulawesi selatan pada tanggal 25 Juni 1936 dari putra pasangan AA Jalil Habibie & RA Tuti marini Puspowardojo. masa kecil Habibie di habiskan di daerah lahirnya di sulawesi , lalu  kemudian  masa Sma beliau pindah ke bandung sampai memasuki masa kuliahnya di Institute technology Bandung ( ITB ) dan lulus  lulus thn 1954 ,  setelah itu  beliau melanjutkan pendidikannya ke Studi Tehnik penerbangan spesialis Konstruksi penerbangan di RWTH - Aachen jerman dan lulus mendapatkan Nilai terbaik tertinggi ( SUMMA CUM LAUDE ) -diplom Ingenieur pada tahun 1960 . lalu kemudian mendapatkan gelar DOKTOR Ingenieur pada Tahun 1965 .
 
Habibie melanjutkan program doktoral setelah menikahi teman SMA-nya,  Hasri Ainun Besari pada tahun 1962. setelah menikahi ainun muda , Lalu bersama dengan istrinya mereka tinggal di Jerman sambil Habibie menyelsaikan  gelar  S3 nya , selama kuliah di jerman Habibie harus bekerja untuk membiayai biaya kuliah sekaligus biaya rumah tangganya bersama Ainun .
 
BJ .Habibie mendalami bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang. Tahun 1965, Habibie menyelesaikan studi S-3 nya dan mendapat gelar Doktor Ingenieur (Doktor Teknik) dengan  indeks prestasi summa cum laude.
Karir Habibie di Industri & Technology 
saat menjadi mahasiswa tingkat doktoral, BJ Habibie sudah mulai bekerja untuk menghidupi keluarganya dan biaya studinya selama di jerman. Setelah lulus dan mendapatkan nilai terbaik , BJ Habibie bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm  atau MBB Hamburg (1965-1969 sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan pada Analisis Struktrur Pesawat Terbang, dan kemudian menjabat Kepala Divisi Metode dan Teknologi pada industri pesawat terbang komersial dan militer di MBB antara tahun 1969 - 1973 atas kinerja dan kebriliannya .  4 tahun kemudian, ia dipercaya sebagai Vice President sekaligus Direktur Teknologi di MBB masa antara 1973-1978 serta menjadi Penasihat Senior bidang teknologi untuk Dewan Direktur MBB tahun 1978 . BJ Habibie satu-satunya orang Asia yang berhasil menduduki jabatan nomor dua di perusahaan pesawat terbang Jerman ini. wajar kalau orang asia banyak terkagum kagum akan habibie yang notabene orang Indonesia asli..

ketika seorang BJ Habibie memasuki Usia 40 tahun, karir Habibie sudah sangat cemerlang, terutama dalam desain dan konstruksi pesawat terbang. Habibie menjadi Hiasan tehcnology di negeri Jerman dan iapun mendapat “kedudukan terhormat”, baik secara materi maupun intelektualitas oleh orang Jerman. sampai pemerintah jerman menganugerahkan warga negara Kehormatan jerman atas pola pikir technologynya  di MBB Jerman, Habibie menyumbang berbagai hasil penelitian dan sejumlah teori untuk ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang Thermodinamika, Konstruksi dan Aerodinamika. Beberapa rumusan teorinya dikenal dalam dunia pesawat terbang seperti Habibie Factor - Habibie Theorem- Habibie Method.

Sekitar tahun 1968 , BJ Habibie banyak mengundang beberapa Insyinyur insinyur muda indonesia terutama dari almamater dahulu di ITB bandung  untuk bekerja di industri pesawat terbang Jerman. hamipr kurang lebih 40 insinyur Indonesia akhirnya dapat bekerja di MBB atas rekomendasi Pak Habibie. 
 
ini dilakukan Habibie semata mata untuk mempersiapkan skill dan pengalaman (SDM) insinyur Indonesia untuk suatu saat beliau  kembali ke Indonesia dan membuat produk industri dirgantara produk anak bangsa Indonesia. karena kecerdasannya serta pola pikirnya yang memajukan bangsa indonesia biar harum dan terkenal saat itu dimata dunia maka presiden saat itu , Presiden Soeharto mengutus salah satu orang kepercayaannya yakni Ibnu sutowo , mantan Dirut pertamina untuk membujuk BJ. habibie untuk pulang ke indonesia serta membangun Technology terutama Technology Dirgantara di Indonesia.
 
karena Habibie besar dan merasa dia adalah orang indonesia dan sangat mencintai tanah airnya , saat ibnu sutowo mengutarakan maksud dan tujuannya menemui dia di jerman , BJ Habibie langsung bersedia kembali di Indonesia dan melepaskan jabatan, posisi dan prestise tinggi di Jerman itu . Hal ini dilakukan BJ Habibie demi memberi sumbangsih ilmu dan teknologi pada bangsa indonesia dan tanah air tercinta ini
di usia yang masih sangat muda yakni 38 tahun pada tahun 1974, BJ Habibie pulang ke tanah air.  kemudian ia diangkat presiden Soeharto menjadi penasihat pemerintah langsung di bawah presiden di bidang teknologi pesawat terbang dan teknologi tinggi hingga tahun 1978. 
 
Jabatan Vice president & direktur Teknologi di MBB jerman juga sebenernya belum di lepas sepenuhnya oleh Habbie , maka walau dia diangakat langsung oleh pak harto sebagai penasehat presiden bidang teknologi , beliau masih sering pualng pergi jerman - Indonesia untuk menyelsaikan pekerjaanya juga di MBB Jerman.
 
Habibie mulai benar-benar fokus di Indonesia setelah ia melepaskan jabatan tingginya di Perusahaan Pesawat Jerman MBB pada  1978 karena presiden Soeharto mengangkat beliau sebagai Menteri Negara Riset dan teknologi ( Menristek ) sekaligus merangkap sebagai kepala BPPT ( badan pengkajian dan penerapan Teknologi ) . jabatan ini cukup baru di eras soeharto , bahkan jabatan ini tidak ada yang pernah menggantikan di zaman era Orde barunya Pak Harto.
 
Ketika menjabat Menristek ini , Habibie mengimplementasikan visinya yakni membawa Indonesia menjadi negara industri berteknologi tinggi. terutama indonesia dapat bersaing dengan negara negara industri sperti di eropa ,Ia mendorong adanya lompatan dalam strategi pembangunan yakni melompat dari agraris langsung menuju negara industri maju. Visinya yang langsung membawa Indonesia menjadi negara Industri mendapat pertentangan dari berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri yang menghendaki pembangunan secara bertahap yang dimulai dari fokus investasi di bidang pertanian terlebih dahulu. tapi ini tidak meyurutkan niatnya untuk tetap memajukan teknologi indonesia. ada salah satu visi beliau yakni :
 
I have some figures which compare the cost of one kilo of airplane compared to one kilo of rice. One kilo of airplane costs thirty thousand US dollars and one kilo of rice is seven cents. And if you want to pay for your one kilo of high-tech products with a kilo of rice, I don’t think we have enough.” 
 ( BBC: BJ Habibie Profile -1998.)

Kalimat diatas ini merupakan *senjata*  Habibie untuk berdebat dengan lawan politiknya saat itu yang menentangnya . Habibie ingin menjelaskan mengapa industri berteknologi itu sangat penting. Dan ia membandingkan harga produk dari industri high-tech (teknologi tinggi) dengan hasil pertanian. Ia menunjukkan data bahwa harga 1 kg pesawat terbang adalah USD 30.000 dan 1 kg beras adalah 7 sen (USD 0,07). Artinya 1 kg pesawat terbang hampir setara dengan 450 ton beras. Jadi dengan membuat 1 buah pesawat dengan massa 10 ton, maka akan diperoleh beras 4,5 juta ton beras.
 
Pola pikir Pak Habibie disambut dengan baik oleh Pak Harto. Soeharto pun bersedia menggangarkan dana ekstra dari APBN untuk pengembangan proyek teknologi yang diusulkan oleh Habibie. Dan pada tahun 1989, Suharto memberikan kekuasaan lebih pada Habibie dengan memberikan kepercayaan Habibie untuk memimpin industri-industri strategis seperti PT Pindad ( persenjataan ), PT PAL( industri kapal ), dan PT IPTN dahulu bernama PT Nurtanio yang berada di Bandung..

Jabatan Menristek dan kepala BPPT ditinggalkan Habibie kala beliau di minta  pak harto untuk mendampinginya sebagai wakil presiden pada tahun 1997 menggantikan Tri soetrisno. dan pada tahun 1998 beliau menggantikan presiden soeharto yang lengser karena demo mahasiswa dan kerusuhan mei 1998 yang mengakibatkan kerusuhuan di mana mana. BJ habibie di lantik menjadi Presiden Ketiga RI menggantikan Presiden Soeharto pada bulan mei 1998. satu tahun setelah ia resmi mendampingi soeharto sebagai wakil presiden Indonesia.
BJ Habibie pun diangkat menjadi Presiden RI ke-3 berdasarkan pasal 8 UUD 1945. Namun, masa jabatannya sebagai presiden hanya bertahan selama 512 hari. Meski sangat singkat, kepemimpinan Presiden Habibie mampu membawa bangsa Indonesia dari jurang kehancuran akibat krisis. Presiden Habibie berhasil memimpin negara keluar dari dalam keadaan ultra-krisis, melaksanankan transisi dari negara otorian menjadi demokrasi. Sukses melaksanakan pemilu 1999 dengan multi parti (48 partai), sukses membawa perubahan signifikn pada stabilitas, demokratisasi dan reformasi di Indonesia.rupiah yang berada di level belasan ribu pada saat krisis moneter di bawa Habibie menembus level terendah terhadap kurs Dollar pada nilai ^6.500 rupiah , nilai yang sulit di capai kembali pada saat ini.

Habibie merupakan presiden RI pertama yang menerima banyak penghargaan terutama di bidang Teknologi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Jasa-jasanya dalam bidang teknologi pesawat terbang mengantarkan beliau mendapat gelar Doktor Kehormatan (Doctor of Honoris Causa) dari berbagaai Universitas terkenal  dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University.

************

Pada saat BJ. Habibie diangkat menjadi salah satu menteri Secara materi, Habibie sudah sangat mapan dalam perekonomiannya , ini di dapat ketika ia bekerja di perusahaan MBB Jerman. Selain mapan, Habibie juga memiliki jabatan yang sangat strategis yakni Vice President sekaligus Senior Advicer di perusahaan  High-Tech Jerman.  Habibie terjun ke pemerintahan bukan karena mencari uang ataupun kekuasaan semata, tapi lebih pada perasaan terima kasihnya  kepada negara dan bangsa Indonesia dan juga kepada kedua orang tuanya. 
 
ada ahal yang sama yang tunjukan oleh salah satu pejabat indonesia dahulu yaitu  Kwik Kian Gie, salah satu Menteri era Presiden Megawati , Kwik Kian Gie yang pinter & notabene adalah seorang seorang pebisnis yang  sudah mapan dalan ekonominya dan menyatakan pensiun dari bisnis dan menjadi salah seorang menteri atau terjun ke duian politik karena keinginan mengabdikan hidupnya untuk kemajuan bangsa indonesia yang dicintainya. bukan seperti sekarang ini kebanyakan politikus yang ingin mejadi kaya dengan masuk menjadi politikus atau pejabat pejabat dari partai politik, sehingga terlihat banyak sekarang korupsi dimana mana . tak heran sekarang kita lihat di media media nusantara , KPK ( lembaga pembrantasan korupsi ) banyak sekali menangkap pejabat pejabat yang makan duit negara untuk kepentingan dirinya sendiri beserta keluarganya serta kroninya . mumpung ada kesempatan menjadi pejabat publik dan menyelewengkan kekuasaan untuk ambisius semata..( masya Allah..) . oh ya kembali pada pak Bj. habibie,

Tiga tahun setelah kepulangan ke Indonesia, pada saat usia habibie 41 tahun beliau mendapat gelar Profesor Teknik dari dari almamaternya terdauhulu yakni  ITB.ini tidak terlepas dari pola pikirnya yang ingin memajukan teknologi industri di Indonesia. kenapa dahulu habibie ingin pulang ke indonesia ?? padahal dia sudah Enak dan nyaman tinggal di jerman , selain cinta tanah air indonesia ini juga karena Habibie sudah kenal lama dengan Presiden soeharto.

Pertemuan pertama kali Habibie dengan Soeharto terjadi pada tahun 1950 ketika Habibie berumur 14 tahun. Pada saat itu, Letnan Kolonel  Soeharto  datang ke Makasar dalam rangka memerangi pemberontakan/separatis di Indonesia Timur pada masa pemerintah Presiden Soekarno. Letkol Soeharto tinggal berseberangan dengan rumah keluarga Alwi Abdul Jalil Habibie orang tua BJ Habibie . Karena ibunda Habibie merupakan orang Jawa, maka Soeharto yang notabene orang jawa diterima sangat baik oleh keluarga Habibie. Bahkan saat ayahnda BJ. Habibie meninggalpun   Soeharto turut hadir . Selain itu, Soeharto pun menjadi perantara atau istilahnya Mak comblang  percintaan adik Habibie dengan anak buah Letkol Soeharto. Kedekatan Soeharto-Habibie terus berlanjut meskipun Soeharto telah kembali ke Pulau Jawa setelah Letkol soeharto berhasil memberantas pemberontakan di Indonesia Timur.
 
Setelah Habibie menyelesaikan studinya  sekitar 10 tahun dan bekerja selama hampir selama 9 tahun di jerman , akhirnya Habibie dipanggil pulang ke tanah air oleh letkol soeharto yang waktu itu sudah menjabat Presiden RI ketiga  .  atas adasar cinta tanah air dan ingin mengabdi pola pikir dan teknologinya kepada bangsa yang membesarkannya walau pun pemerintah RI pada saat itu tidak membiayai atau memberikan Beasiswa kepada BJ. Habibie muda untuk bersekolah di di jerman , BJ Habibie tetap bersedia pulang untuk mengabdi kepada negara, terlebih permintaan tersebut berasal dari Presiden soeharto , orang yang pernah ia dan keluarganya kenal dekat pada saat di sulawesi dulu . Habibie pun memutuskan kembali ke Indonesia untuk memberi ilmu kepada bangsa & Rakyat  Indonesia, kembali untuk membangun industri teknologi tinggi di tanah air indonesia.

Pemikiran-pemikiran Habibie yang genius dan Briliant  mendapat hati daripak Harto. Bisa dikatakan bahwa Soeharto mengagumi pemikiran Habibie, sehingga pemikirannya dengan mudah disetujui pak Harto. Pak Harto pun setuju menganggarkan dana lebih untuk mengembangkan ide Habibie. Kemudahan akses serta kedekatan Soeharto-Habibie dianggap oleh berbagai pihak sebagai bentuk kolusi Habibie-Soeharto. Apalagi, beberapa pihak tidak setuju dengan pola pikir Habibie mengingat pemerintah Soeharto mau menghabiskan dana yang lumayan besar untuk pengembangan industri-industri teknologi tinggi seperti saran Habibie.
 
Tanggal 26 April 1976, Habibie mendirikan PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio ( Nurtanio diambil dari nama perintis teknologoi pesawat pertama indonesia ) dan menjadi industri pesawat terbang pertama di Kawasan Asia Tenggara . Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985, kemudian direkstrurisasi, menjadi Dirgantara Indonesia (PT DI) pada Agustuts 2000. Perlakuan istimewapun dialami oleh industri strategis lainnya seperti PT PAL  ( kapal alut ) dan PT PINDAD ( industri pembuatan senjata).
 
Sejak pendirian industri-industri statregis negara, tiap tahun pemerintah Soeharto menganggarkan dana APBN yang relatif besar untuk mengembangkan industri teknologi tinggi.  Dan anggaran dengan angka yang sangat besar dikeluarkan sejak 1989 dimana Habibie memimpin industri-industri strategis. Namun, Habibie memiliki alasan logis yakni untuk memulai industri berteknologi tinggi, tentu membutuhkan investasi yang besar dengan jangka waktu yang lama. Hasilnya tidak mungkin dirasakan langsung. Tanam pohon durian saja butuh 10 tahun untuk memanen, apalagi industri teknologi tinggi. Oleh karena itu, selama bertahun-tahun industri strategis ala Habibie masih belum menunjukan hasil dan akibatnya negara terus membiayai biaya operasi industri-industri strategis yang cukup besar.
 
Industri-industri strategis ala Habibie (IPTN, Pindad, PAL) pada akhirnya memberikan hasil seperti pesawat terbang, helikopter, senjata, kemampuan pelatihan dan jasa pemeliharaan (maintenance service) untuk mesin-mesin pesawat, amunisi, kapal, tank, panser, senapan kaliber,  water canon, kendaraan RPP-M, kendaraan combat dan masih banyak lagi baik untuk keperluan sipil maupun militer.
 
Untuk skala internasional, BJ Habibie terlibat dalam berbagai proyek desain dan konstruksi pesawat terbang seperti Fokker F 28, Transall C-130 (militer transport), Hansa Jet 320 (jet eksekutif), Air Bus A-300, pesawat transport DO-31 (pesawat dangn teknologi mendarat dan lepas landas secara vertikal), CN-235, dan CN-250 (pesawat dengan teknologi fly-by-wire). Selain itu, Habibie secara tidak langsung ikut terlibat dalam proyek perhitungan dan desain Helikopter Jenis BO-105, pesawat tempur multi function, beberapa peluru kendali dan satelit.

wajar kalo saya dan bangsa Indonesia menyebut seorang BJ. Habibie sebagai bapak teknologi Indonesia yang menyumbangkan pikiran dan tenaganya untuk kemajuan teknologi Indonesia , ini terlepas dari seberapa besar kesuksesan industri strategis yang di buat Habibie. Karena banyak yang tahu bahwa pada tahun 1992, IMF menginstruksikan kepada Soeharto agar tidak memberikan dana operasi kepada IPTN ( PT .Nurtanio ), sehingga pada saat itu IPTN ( Nurtanio ) mulai memasuki kondisi kritis. Hal ini dikarenakan rencana Habibie membuat satelit sendiri , satelite Palapa yang melegenda , kita dahulu sering melihat siaran langsung di TVRI peluncuran Satelite Palapa B1 dan B2 milik Indonesia , sebagai catatan saja bagi pembaca yang belum mengetahuinya , pada  tahun 1970-an Indonesia merupakan negara terbesar ke-2 pemakaian satelit di dunia , kita mempunyai pesawat ulang alik sendiri, serta peralatan militer sendiri. Hal ini didukung dengan 40 orang tenaga ahli Indonesia yang memiliki pengalaman kerja di perusahaan pembuat satelit Hughes Amerika dan kemudian  akan ditarik pulang ke Indonesia  oleh Habibie dan Presiden Soeharto untuk mengembangkan industri teknologi tinggi di Indonesia. Jika hal ini terwujud, maka ini akan mengancam industri teknologi Amerika dan akan bisa mengancam industri dan teknologi Amerika karena dapat mengurangi Pangsa pasarnya , sekaligus kekhawatiran kemampuan teknologi tinggi indonesia dan militer Indonesia.


Selama masa pengabdiannya di Indonesia, BJ .Habibie memegang hampir  40an jabatan penting di tanah air ini seperti : Direkur Utama (Dirut) PT. Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) - d/h NURTANIO , Dirut PT Industri Perkapalan Indonesia (PAL), Dirut PT Industri Senjata Ringan (PINDAD), Kepala Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam, Kepala BPPT, Kepala BPIS, Ketua ICMI, dan masih banyak lagi. jabatan yang mungkin belum bisa di samai oleh orang orang yang ada di indonesia saat ini . saya dan Mungkin Banyak Rakyat Indonesia menyebut sampai saat ini bahwa seorang BJ. habibie adalah orang GENIUS yang sampai detik ini tiada Tandingannya.


Selain memiliki kecerdasan yang tinggi diatas rata rata , wajar kalau saya sebut dan sebut dan sebagian masyarakat indonesia sebut Orang Genius indonesia,   BJ.Habibie dikenal sebagai cendekiawan muslim yang taat sekaligus reformis. Dalam menghadapi berbagai kesulitan, Habibie tidak luput dari do’a dan sholat untuk mendapat petunjuk atau ilham dari yang Maha kuasa . Mendapat jabatan sebagai Presiden bagi Habibie merupakan amanah dan titipan dari Allah untuk mengabdi dengan sepenuh hati. bukan kerana mencari kepopuleran semata.

walau sudah pensiun dari dunia politik dan jabatan sebagai menristek serta jabatan tertinggi di tanah air ini yakni sebagai presiden republik Indonesia , Di usianya yang ke-77  sekarang ini beliau aktif di PT Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan perancang pesawat terbang komersil, ini sesuai ilmu yang pernah dia dapat terdahulu , usia yang semakin tua tidak membatasi beliau untuk tetap berkarya dan selalu berkarya untuk kemajuan teknologi bangsa ini yang begitu dicintainya, perusahaan penerbangan yang dia bentuk ini  baru-baru ini telah menerima pesanan 100 unit pesawat R80 dari NAM Air, anak perusahaan maskapai Sriwijaya Air. dan direncanakan R80 rancangannnya akan mengudara pada tahun 2016.


Terima kasih pak Bj. Habibie  , saya dan mungkin hampir sebagian rakyat indonesia begitu bangga memiliki anak bangsa yang pintar sepertimu , sehingga dunia tahu bahwa indonesia memiliki orang orang Genius , salah satunya dirimu ,yang bisa membuat indonesia diperhitungkan di bidang teknologi Industri terutama Industri pesawat terbang asia bahkan dunia..
semoga Tuhan yang maha kuasa selalu memberikan Ide yang lebih cemerlang kepadamu serta selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus dan terus berkarya untuk bangsa dan tanah air Indonesia..


Salam sayang & Hormatku buatmu Pak BJ. Habibie..aku bangga padamu!!

Yovie Ardhi    http://yovieardhi.blogspot.com/2014/01/bj-habibie-salah-satu-orang-pintar.html?spref=fb

Tidak ada komentar: