15 Maret, 2014

Pemerintah Rencana Bangun 4 Pelabuhan Ekspor Ikan di luar Jakarta

Pelabuhan Perikanan Nusantara Ambon (Foto By. Mukhtar, A.Pi)


Merdeka.com - Pemerintah berencana untuk membangun empat pelabuhan untuk ekspor ikan di luar Jakarta. Ini untuk mengurangi pasokan ikan dari seluruh penjuru Indonesia ke Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilincing, Jakarta.

Direktur Pelabuhan Ditjen Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan Bambang Sutejo mengatakan proyek itu bakal berjalan seiring dengan revitalisasi Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN). Sejak diluncurkan tahun lalu hingga saat ini, SLIN dinilai berjalan lamban.
"Kita lihat SLIN kok belum jadi-jadi juga. Makanya kita coba konektivitas ini, sekarang sedang dalam tahap kajian," kata Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (14/3).

Dia menargetkan, pengembangan empat pelabuhan perantara itu bisa dijalankan tahun depan. Ambon dan Belawan (Medan) dipilih menjadi lokasi proyek. Pertimbangannya, Ambon bisa menjadi pelabuhan ekspor ikan di Timur Indonesia. Hal sama juga berlaku untuk Belawan, menjadi pelabuhan ekspor ikan di Sumatera.

Bambang mengaku belum menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk proyek tersebut. Di sisi lain, pemerintah sudah mengucurkan Rp 60 miliar untuk membangun lemari pendingin di pelabuhan potensial guna mendukung SLIN.
Sayang, program itu tak berjalan lancar lantaran minimnya dukungan pemda dan pasokan listrik PLN.

Sekedar informasi, berdasarkan data dari 22 pelabuhan ikan yang dikelola pemerintah, total produksi ikan tahun lalu mencapai 548.318 ton. Tenaga kerja terserap sebesar 384.091 orang.

Di pelabuhan ikan besar seperti di Cilincing, perputaran uang mencapai Rp 10 miliar per hari. Sedangkan, di pelabuhan ikan kecil non-ekspor, rata-rata transaksi hingga Rp 4 miliar.
[yud]
 

Tidak ada komentar: