04 Februari, 2014

Polisi Tembaki Pembom Ikan

Polisi Tembaki Pembom Ikan
Kapten kapal pembom ikan, Sabtu (25/1) menjalani perawatan di Puskesmas Singkil, setelah kakinya ditembak Satpol Air Polres Aceh Singkil, dalam aksi kejar-kejaran di perairan Pulau Banyak, Jumat (24/1).SERAMBI/DEDE ROSADI 
 
SINGKIL - Dramatis. Begitulah gambaran peristiwa ketika Satuan Polisi (Satpol) Air Polres Aceh Singkil terlibat kejar-kejaran dengan kapal pembom ikan yang beraksi di perairan Pulau Banyak, Jumat (24/1). Kapal asal Sibolga yang terlibat illegal fishing tersebut menyerah setelah kaptennya terkena tembakan di bagian kaki.

Menurut informasi yang dihimpun Serambi, kapal pembom ikan asal Sibolga, Sumatera Utara dengan sembilan ABK dipergoki melakukan tindak kejahatan di perairan Pulau Banyak. Aksi kapal itu terbilang nekat karena beroperasi di siang bolong dan berusaha melawan petugas.

Proses penangkapan dilaporkan cukup dramatis. Sempat terjadi kejar-kejaran karena kapal tersangka memilih kabur saat polisi berusaha menyergap. Tembakan peringatan tidak membuat mereka ciut. Malah, kapal pengembom ikan bernama KM Putri Intan itu berusaha menabrak kapal polisi. 

Tak mau kehilangan buruan, lima personel Satpol Air di bawah komando Kepala Bagian Operasi (KBO) Satpol Air Polres Aceh Singkil, Aiptu Rahman, mengarahkan tembakan ke badan kapal.
Berondongan tembakan tidak juga menyiutkan nyali pelaku. Mereka terus kabur dengan formasi zig zag sambil menyeret tali yang diikat bom serta jaring dengan tujuan bisa melilit dan meledakkan kapal polisi. Tetapi, aparat Sat Pol Air berhasil menghindari jebakan itu. “Mereka berusaha menabrak kapal kami. Hitungannya kami atau mereka yang mati,” kata Kapolres Aceh Singkil, AKBP Anang Triarsono melalui KBO Satpol Air Aiptu Rahman didampingi Kaspol Air Iptu Antoni Tarigan, Sabtu (25/1).

Kapolres Aceh Singkil mengatakan, sebelum berhasil ditangkap polisi, KM Putri Intan tersebut sudah sempat dikejar personel TNI Angkatan Laut. Namun diduga karena kehabisan amunisi, personel TNI kembali dan dilanjutkan pengejaran oleh Satpol Air. “Kami juga nyaris kehabisan peluru karena mereka tidak kunjung menyerah. Akhirnya, setelah melalui pertarungan hidup mati, kapal tersebut berhasil kami lumpuhkan,” ujar Aiptu Rahman.(c39) http://aceh.tribunnews.com/2014/01/26/polisi-tembaki-pembom-ikan



Tidak ada komentar: