13 Februari, 2014

Masalah Utama Blogger Dalam Mengelola Blog

Masalah utama blogger dalam membangun blog sukses - Membangun blog sukses adalah impian setiap blogger. Hampir semua blogger menginginkan blog yang punya trafik tinggi, banyak followers, punya advertiser, hingga dapat perhatian media mainstream dari aktivitas ngeblog. Masalahnya tidak semua blogger mengetahui apakah cara yang dia pakai untuk mempopulerkan blognya adalah cara yang benar dan baik. Banyak blogger yang terlalu fokus pada trafik blog, sebagian yang lain terlalu sibuk untuk memperbaiki desain blog agar lebih cantik. 

Di awal-awal aktivitas ngeblog saya, ada beberapa hal yang menurut saya kesalahan dan masalah utama saya dalam blogging. Nah saya tidak ingin kesalahan itu terulang lagi pada anda. 

Inilah 7 masalah utama blogger dalam mengelola blog

1. Update konten blog
Kesuksesan Blog Terselubung yang mampu jadi populer dengan konten copas ibarat pedang bermata 2 bagi perkembangan dunia blogger Indonesia. Sejak kesuksesannya yang luar biasa itu, akhirnya banyak blogger di Indonesia yang akhirnya lebih tertarik untuk update konten blog copas, kasih judul yang menarik klik pengunjung,dll. Akhirnya bisa anda lihat saat ini, kualitas blogger di Indonesia menjadi mengkhawatirkan saat ini. 
Padahal blog itu punya banyak manfaat yang baik untuk perkembangan diri anda bila anda update konten blog itu berdasarkan pemikiran anda sendiri. Kan semuanya punya otak, kenapa lebih memilih copas hanya demi trafik blog yang tinggi. Ketahui manfaat ngeblog yang bahkan banyak blogger tidak menyadarinya. Banyak juga blogger yang terlalu sibuk memikirkan trafik blog sampai melupakan 'kewajiban' update isi blog. 

2. Trafik blog
Ada blogger yang terlalu sibuk ngurusin trafik blog sampe lupa update konten blog. Namun banyak juga blogger yang terlalu sibuk ngurusin update isi blog tapi tidak memikirkan masalah trafik. Well, buat keduanya saya cuma mau bilan, update blog dan trafik blog itu adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Mereka saling terkait bila anda ingin membangun sebuah blog yang sukses dan populer. Untuk anda yang ingin menambah trafik blog atau website anda, baca tips saya sebelumnya: 15 cara meningkatkantrafik blog atau website
3. Fans atau followers blog
Fans atau follower blog cukup merisaukan bagi banyak blogger. Habisnya salah satu tolak ukur blog yang populer itu adalah jumlah followers atau fans blog yang bejibun. Banyak blogger yang memaksakan untuk mendapatkan banyak Facebook Fans dengan memasang Pop Up yang mengganggu pembaca. Menurut saya pribadi cara itu kurang gentle. 
Kenapa harus memaksa orang menjadi fans kita bila ia tidak terlalu memikirkannya. Bukankah yang namanya fans itu adalah orang yang mengidolakannya tanpa paksaan. Kalau anda lihat penggemar blog ini sangat sedikit sekali. Followers Twitter saya hanya 280an, Facebook Like hanya 20an, followers blog hanya 30an, followers Google+ hanya 80an. Meskipun saya punya beberapa akun social media yang punya puluhan ribu followers khusus untuk jualan.
Kendati followers dan fans blog ini sedikit. Tapi saya enggak risau. Kenapa? Karena bila orang ingin Follow atau Like blog ini berarti mereka memang suka dengan artikel saya. Dan itu lebih baik daripada punya banyak followers tapi bukan orang yang peduli dengan perkembangan blog ini. 
4. Kemampuan teknis
Banyak hal yang perlu dipelajari bila anda memutuskan untuk menjadi blogger profesional. Mulai dari cara menulis yang baik, sedikit ilmu pemrograman, ilmu marketing, dll. Namun jangan terlalu mematok diri untuk menguasai beberapa disiplin ilmu tersebut dalam waktu singkat. Semuanya akan lebih baik seiring berjalannya waktu. Kemampuan teknis adalah masalah semua blogger pemula. So, keep calm....
5. Menghasilkan uang dari blog
Update konten udah, trafik blog udah banyak, followers blog juga udah bejibun, tapi belum menghasilkan uang dari blog. Padahal segala jenis PPC udah anda cobain, lalu kenapa belum juga menghasilkan uang dari blog? 
Mungkin itu pernah terbesit di pikiran anda. Sama saya juga dulu begitu. Namun akhirnya saya banyak tanya dengan orang gimana cari cari duit di internet. Akhirnya sekarang cukuplah penghasilan dari internet untuk kehidupan sehari-hari meskipun enggak terlalu besar. Buat anda yang pusing kenapa belum bisa menghasilkan uang dari blog, coba cek dulu barangkali ada yang salah dengan blog anda dan jangan sungkan bertanya pada blogger yang anda anggap sudah ahli. 

Sedikit inspirasi:
6. Atur waktu untuk kelola blog
Kuliah? Sekolah? Kerja? Kegiatan di luar yang menyita waktu?
Semua itu hambatan untuk ngeblog. Namun anda cukup sediakan waktu saja untuk kelola blog anda. Kalaupun tidak sempat menulis artikel baru, mungkin anda bisa balas komentar pengunjung, atau share artikel anda di social media. 
7. Jenuh dan malas
kalau ini sih tidak usah dijelaskan pasti udah mengerti luar dalam semuanya. Tipsnya cuma satu: LAWAN. lawanlah kemalasanmu kalau tidak ia akan mengambil masa depanmu. 

Tidak ada komentar: