13 Februari, 2014

Cara Cepat jadi Orang Terkenal

5 Cara Cepat jadi Orang Terkenal Menjadi orang terkenal barangkali impian setiap orang. Tentu semua orang berharap mampu menjadi orang yang dikenal luas oleh orang banyak, sehingga bila pergi kemana-mana akan ada banyak orang yang mengenal. Namun menjadi orang yang terkenal tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Di dunia ini selalu ada saja orang yang terkenal di bidang-bidang tertentu. Misal artis, dokter, blogger, penulis, akan selalu ada orang terkenal yang paling menonjol di bidang mereka sendiri. Lalu apa sih yang mereka lakukan supaya jadi terkenal?

Pertanyaan ini menarik untuk dijawab. Saya juga penasaran kenapa ada orang-orang yang terkenal di suatu bidang, padahal ribuan orang lain di bidang yang sama kurang terkenal atau bahkan mungkin tidak dikenal sama sekali oleh orang lain.

Cara unik dan cepat menjadi orang terkenal 

Buat Kontroversi

Cara ini terbukti super duper ampuh. Ga percaya? Coba lihat saja selebriti jaman sekarang, mereka lebih memilih menjadi orang yang kontroversial dibanding jadi orang yang banyak karya. Tengok saja artis seperti Jenny Cortez dan Nikita Mirzani rasa-rasanya mereka lebih sering masuk infotainment karena perseteruan atau hal-hal lainnya dibanding karya mereka di dunia entertainment indonesia.
Tapi kamu tidak harus buat kontroversi se-glamour mereka. Bila kamu adalah seorang blogger cobalah bikin kontroversi dengan opini yang agak menyimpang tentang suatu permasalah atau kasus yang lagi trend. Dijamin bakalan banyak orang yang tertarik dengan tulisan kamu. Bila hal itu sering dilakukan, makin banyak orang yang penasaran dengan penulisnya dan akhirnya kamu pun terkenal. Tapi tetap, kepopuleran bukanlah one night race, it’s a lifetime marathon.
Bila kamu seorang blogger atau penulis yang ingin dikenal janganlah takut untuk menuliskan apa yang kamu pikirkan, meskipun itu kadang terlihat kasar ataupun sarkasme. But just do it!

Terkait: Tips Memilih Domain Blog yang SEO Friendly

Dekat sama orang terkenal

Berada pada posisi yang dekat dengan orang terkenal mampu mempengaruhi image diri baik secara langsung maupun tidak langsung. Kalau bisa pacaran atau menikahlah dengan orang yang sudah terkenal. Dan seketika kamu pun bakalan jadi terkenal. Itu juga kalau mereka mau 
Salah satu faktor penting kenapa untuk dekat dengan orang terkenal akan mempengaruhi kepopuleran kamu adalah orang terkenal punya sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang biasa. Nah dengan dekat-dekat mereka, kamu bisa belajar langsung dari mereka. Meski tidak diajari seperti di kelas, namun tingkah dan perilaku mereka patut anda pelajari. Sehingga cepat atau lambat anda pun akan segera tahu kunci menjadi orang terkenal.

Baca: 5 Pebisnis Online yang Sukses Karena Relasinya

Buatlah sesuatu yang baru

Ini adalah teknik untuk menjadi terkenal dengan cara yang elegan. Dibanding kamu buat kontroversi atau hal-hal gila yang cuma bakal bikin nama kamu dipandang buruk, kenapa gak kamu bikin sesuatu yang belum ada. Sebuah penemuan yang mungkin bakalan bikin kamu diwawancarai di koran atau televisi.
Namun untuk membuat sesuatu itu emang tidak mudah dan butuh perjuangan yang tidak sedikit. Mulai dari pikiran, uang, hingga waktu tercurahkan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Tapi percayalah, hasilnya akan sepadan dengan kepuasan yang didapatkan ketika mampu memberi dampak ke kehidupan orang lain.
Contoh saya dulu cuma mahasiswa biasa. Namun saya bosan dengan kegiatan kampus dan medianya yang biasa-biasa saja dan cara mahasiswa menyebarkan berita masih konvensional dengan menempel brosur atau banner di halaman kampus. Kemudian saya membuat situs AnakUnsri.com yang saya harap jadi sarana komunikasi dan penyebaran event bagi mahasiswa. Hebatnya hanya selang 2 minggu setelah versi beta keluar, saya sudah diwawancarai salah satu koran lokal terbesar di Sumatera Selatan. Hal itu terjadi karena saya membuat sesuatu yang selama ini belum ada, mungkin sudah ada tapi saya membuat versi yang lebih baik.

Jangan Lewatkan: Pengertian Personal Branding dan Fungsinya

Differentiate yourself

Kenapa bintang besar dunia seperti Elvis, Michael Jackson, hingga SlanK dan Iwan Fals begitu terkenal? Itu karena mereka keluar dari kerumunan rata-rata orang biasa dan mereka melakukan pekerjaan mereka dengan gaya mereka sendiri. Mereka tidak peduli apa yang dikatakan orang lain dan itu sebabnya penggemar mereka ada jutaan di seluruh dunia.
Salah satu kualitas yang dimiliki oleh orang terkenal : mereka spesial, dalam artian mereka tidak ada duanya di dunia ini. Contoh tengoklah Iwan Fals ketika rezim Soeharto berkuasa siapa yang berani menantang dan menyuarakan isi hatinya di masa itu? sangat sedikit sekali. Iwan Fals satu dari sedikit orang tersebut, dan melalui musik ia mengkritik dan menyuarakan opininya. Akhirnya jutaan orang yang merasa diwakilkan kehidupannya oleh lirik lagu Iwan Fals menyukai dia.
Buatlah dirimu berbeda dari orang lain. Entah itu dari pakaian yang kamu kenakan, sikap dan tingkah laku, atau apapun. Tunjukkan kalau kamu berbeda dari orang lain. Kuncinya adalah jangan pikirkan apa yang orang pikirkan tentang kamu. Baik buruknya dirimu cuma kamu yang tahu. Semakin berbeda dirimu, semakin besar kemungkinan kamu untuk terkenal dan diliput media.

Baca: Cara Unik Promosi Blog Secara Offline

Jadilah orang bodoh

Pernah ga kamu kepikiran kalau artis kayak Dewi Persik dan Julia Perez itu menjadi terkenal karena mereka kerap bertingkah bodoh dan sedikit urakan? Kalau saya sering berpikir seperti itu. Mungkin kamu juga bisa nonton film seperti American Pie atau The Jackass, film itu juga menunjukkan tingkah bodoh yang di luar akal orang biasa, dan film itu laris manis. Jadi salah satu faktor terkenal itu adalah kebodohan.
Mungkin anda kurang setuju dengan pendapat saya yang satu ini, tapi coba kita lihat dengan pikiran terbuka. Kenapa orang suka dengan kebodohan dan kekonyolan ? Karena orang merasa bahwa hidup ini sudah terlalu sulit dan terlalu rumit jadi mereka membutuhkan hiburan. Bodoh dalam artian disini bukan tidak mampu belajar di kelas tapi lebih kepada berbuat sesuatu yang di luar kebiasaan masyarakat pada umumnya.
Beberapa kebodohan pada artis yang membuat mereka terkenal menurut saya; foto bugil, video mesum, hingga saling cibir di media massa. Hal itu sebenarnya tidak perlu dilakukan tapi tetap banyak terjadi karena balik ke poin 1: ” Orang menyukai kontroversi”

Terkait: 6 Tips Sukses Jadi Teknopreneur Tanpa Harus Jadi Orang Pintar

Kesimpulan

Jadi untuk menjadi terkenal kamu harus melakukan beberapa hal yang kedengarannya aneh, tapi itulah yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang sekarang terkenal. Tips dan cara diatas mungkin tidak bekerja pada anda, tapi mungkin bekerja dan mampu dikonversikan oleh sebagian yang lain. Tetap cari referensi lain yang banyak tersebar di internet.
 

Tidak ada komentar: