17 Februari, 2014

Ikan Yang Berbahaya Dilarang Masuk Ke Wilayah Indonesia

 Keperdulian kita untuk tidak mudah mengintroduksi dan memelihara ikan non asli, adalah salah satu kunci tetap lestarikan ikan asli indonesia. 
Maka Kenalilah Mereka


1.  Atractosteus Spatula Alias Alligator Gar
Ikan yang berasal dari Benua Amerika. Ikan ini hidup di air tawar, mempunyai moncong panjang seperti mulut buaya, bergigi tajam, dan bersisik. Ikan ini termasuk ikan pemangsa.
2.  Electrophorus Electricus Alias Belut Listrik
Belut Listrik berbentuk panjang macam ular, hanya saja dia bersirip, kulitnya tebal dan licin berwarna abu-abu, namun ada juga yang berwarna kecokelatan atau hitam, serta kepalannya agak pipih dengan mulut yang besar.

3. Esox Lucius alias Northern Pike
Punya mulut dan hidung yang berbentuk moncong monyong, giginya nampak mencolok banyak dirahang. Tubuhnya memanjang, kulitnnya berbintik gelap menyebar, dengan sirip berwarna kekuningan atau cokelat kemerahan.

 
4. Glyptoperichthys Gibbiceps alias Sailfin Pleco / Leopard Plesco
Berwarna cokelat  kekuningan dengan sirip punggung yang besar, mereka bisa tumbuh 50 cm, dan umurnya sangat panjang sampai 20 tahun.
5. Petromyzon Marinus alias Lamprey
Tubuh mirip dengan belut, panjangnnya 12 s/d 20 inci, warna abu-abu kebiruan pada bagian atas, sedangkan perak dan putih dibagian bawah.

6. Red Piranha alias Pygocentrus Nattereri & Red Eye alias Serrasalmus Rhombeus
  Red Piranha warnannya perak kemerahan, kepalannya tumpul, dan mulut kecil.
Red Eye Piranha warnanya kehitaman, matanya besar kemerahan, dan lubang hidung yang besar.

7. Channa Argus alias Snakehead
 
Tubuhnya berbentuk terpedo yang mengecil kearah ekor, panjangnya bisa mencapai 85 cm, malah di Rusia pernah ditemukan sepanjang 1,5 meter. Siripnya panjang di punggungnya, kepalanya memang kecil, tapi mulutnya besar dan giginya tajam. Pokoknya wajahnya memang mirip dengan ular.

8. Tetraodon Lineatus alias Ikan Buntal / Puffer
Tubuhnya bulat memanjang sampai 43 cm kulitnya berduri pendek, perutnya kuning dan bergaris kuning. Ikan buntal muda menunjukkan warna belang samar yang semakin jelas seiring bertambahnya usia. Bisa mengubah warnanya tergantung kondisi lingkungan dan suasana hati, jika stres warnahnnya lebih gelap. Saat terancam perutnya mengembung dan besarnya mencapai 2 s/d 3 kali ukuran normal.

 





Tidak ada komentar: