14 Mei, 2015

Manfaat Cumi-cumi Bagi Kesehatan

Meski banyak penggemarnya, tidak banyak orang yang tahu manfaat cumi-cumi bagi kesehatan. Kebanyakan orang hanya menyukainya saat diolahCitizen6, Jakarta Cumi-cumi merupakan salah satu seafood yang digemari banyak orang. Dengan tekstur daging yang kenyal, cumi-cumi sesungguhnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terlebih pada tinta hitamnya. Karenanya jangan buang tinta hitam saat Anda membeli cumi-cumi. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat cumi-cumi tersebut.
1. Menurunkan kolesterol
Cumi-cumi memiliki manfaat menurunkan kadar kolestrol karena mengandung omega 3. Omega 3 merupakan salah satu asam lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.
2. Sehat bagi jantung
Tak hanya mengandung omega 3, cumi-cumi juga kaya akan protein serta mineral seperti seng, tembaga, yodium, maupun vitamin B. Kandungan tembaga dalam cumi baik untuk metabolisme zat besi dan pembentukan sel darah merah.
3. Menambah nafsu makan
Kandungan mineral dalam cumi-cumi juga dapat menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan ini termasuk riboflavin dan niasin yang dibutuhkan oleh tubuh.
4. Mengoptimalkan sel darah putih
Penelitian terbaru mengungkapkan zat khusus dalam tinta cumi dapat mengaktifkan sel-sel darah putih. Hal ini membuat kinerja sel darah putih dalam memerangi kuman penyakit menjadi lebih optimal.
5. Mengatasi tumor
Tinta cumi juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tumor. Caranya dengan menginjeksikan tinta tersebut ke tubuh penderita. Namun perlu adanya konsultasi terlebih dahulu maupun pengkajian lebih lanjut dalam memanfaatkannya.
6. Menghilangkan bekas cacar
Seseorang yang baru sembuh dari penyakit cacar biasanya memiliki bekas di kulit. Bekas di kulit tersebut cukup mengganggu penampilan. Untuk memperbaikinya dapat memanfaatkan cumi-cumi dengan cara:
  • Jemur cumi-cumi tersebut hingga kering dan bersih
  • Setelah itu cumi-cumi yang kering tersebut ditumbuk
  • Ayak tumbukan cumi sehingga di dapat serbuk yang sangat halus
  • Serbuk itulah yang selanjutnya dijadikan untuk obat untuk mengatasi bekas cacar.
**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Tidak ada komentar: