15 Januari, 2015

Foto Luar Angkasa Ini Membuat Kita Serasa di Alam Mimpi

Foto Luar Angkasa Ini Membuat Kita Serasa di Alam Mimpi
The Atlantic
Foto-foto Luar Angkasa terbaru 

TRIBUN-MEDAN.com – Sungguh menakjubkan. Betapa luas alam semesta ini. Foto-foto terbaru luar angkasa yang dipotret Hubble Space Telescope memperlihatkan pemandangan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Dirilis the atlantic.com, simak beberapa foto yang seolah menggambarkan alam mimpi:
01. Mystic Mountain

Ini adalah kumpulan gas dan debu yang membentuk pegunungan mistik. Puncak kosmik turbulen ini terletak dalam pembibitan bintang yang disebut Nebula Carina, yang terletak 7.500 tahun cahaya di konstelasi Carina selatan. Radiasi dan aliran partikel bermuatan dari bintang super-panas baru lahir di nebula yang membentuk dan mengompresi pilar, menyebabkan bintang-bintang baru terbentuk di dalamnya. Ini merupakan proses kelahiran bintang baru
02. The Sombrero Galaxy

Dinamai demikian karena galaksi ini berbentuk menyerupai topi. Galaksi ini sangat besar, 10 kali lebih besar dari galaksi Bima Sakti. Meski berjarak 50.000 tahun cahaya, galaksi ini terlihat paling terang terlihat dari Bumi dan masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Memiliki hampir 2.000 gugus bola bintang.
03. Star Cluster Pismis 24

Bintang ini terletak pada inti nebula besar NGC 6357, sekitar 8.000 tahun cahaya dari bumi. Bagian dari nebula gas terionisasi oleh termuda (biru) bintang yang berat di Pismis 24. radiasi ultraviolet kuat dari bintang-bintang menyala memanaskan gas sekitar cluster dan menciptakan gelembung di NGC 6357.
04. A Star Factory in the Monkey Head Nebula

Mosaik Hubble ini menunjukkan koleksi knot diukir dari gas dan debu di sebagian kecil dari Monkey Kepala Nebula, daerah bergolak dari starbirth terletak 6.400 tahun cahaya dari bumi. Sinar ultraviolet dari bintang-bintang yang terang membantu mengukir debu ke dalam pilar raksasa. Nebula sebagian besar terdiri atas gas hidrogen, yang menjadi terionisasi oleh radiasi ultraviolet
05. Crab Nebula

Sisa supernova (ledakan mahadahsyat) sekitar 6.500 tahun cahaya dari bumi, berpusat di sekitar Crab Pulsar. Bintang Pulsar Crab ini sangat padat dan 1,5 kali lebih berat dari massa matahari, berderak menjadi bola hanya 20 km dengan diameter yang berputar 30 kali setiap detik. Nebula ini diyakini cocok dengan supernova yang diamati pada tahun 1054 oleh astronom Tiongkok. (tribun-medan.com)

Tidak ada komentar: