11 Juli, 2012

Bimbingan Teknis Calon Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan


 
Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Belawan menyelenggarakan acara Bimbingan Teknis Calon/ Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Belawan mulai tanggal 6 – 9 Juli 2012 bertempat di Hotel Asean Internasional Medan". Acara dibuka langsung oleh Bapak Syahrin Abdurrahman, SE Direktur Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan.

 

Acara ini diikuti oleh pengawas Calon/ Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun PSDKP Belawan dengan Jumlah peserta sebanyak 42 (empat puluh dua) orang dengan alokasi sebagai berikut : Stasiun PSDKP Belawan 13 (tiga belas) orang, Satker lingkup Stasiun PSDKP Belawan 26 (dua puluh enam) orang, Dinas Kelautan dan Perikanan Prop. Riau 1 (satu) orang, dan UPT PSDKp Pangkalan Jakarta 2 (dua) orang

 

Adapun Tujuan diselenggarakannya Acara Bimbingan Teknis Calon/ Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun PSDKP Belawan adalah sebagai berikut:
1.   Meningkatkan pemahaman bagi Calon/Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan dala rangka penyusunan DUPAK;
2.   Meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kemampuan teknis dalam melaksanakan kegiatan pengawasan di bidang perikanan;
3.   Meningkatkan disiplin, tanggung jawab serta kualitas Pengawas Perikanan.

Sasaran yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah untuk :
1.    Terciptanya Pengawas Perikanan yang berwawasan, berpengetahuan dan berkualitas tinggi dalam melaksanakan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan.
2.    Terciptanya Pengawas Perikanan yang disiplin, bertanggung jawab dan berkualitas

 

Dalam sambutannya Bapak Direktur Jenderal Pengawasan SDKP mengatakan
Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan merupakan pengawas perikanan yang dituntut untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan atau keahlian tentang pengawasan perikanan secara mandiri, maka diperlukan pendidikan dan pelatihan bagi Pejabat fungsional Pengawas Perikanan tersebut. 


Guna menumbuhkan semangat bagi saudara-saudara sekalian. Pada kesempatan kali ini saya menyampaikan beberapa penekanan;
  1. Tekun dan seriuslah dalam menerima semua materi dan adakan konsultasi atau diskusi yang saling mengisi dan terpimpin, diharapkan para peserta akan bertambah pengetahuannya serta memiliki etos kerja yang tinggi, kinerja yang terampil, bermental baja, handal, proporsional dan bersifat jujur.

  1. Serap seluruh materi bimbingan yang disampaikan oleh para narasumber secara menyeluruh dengan cermat dan baik.

  1. Tingkatkan standar kompetensi yang mantap dan mumpuni bagi masing-masing peserta, agar mampu melaksanakan tugas sebagai personel pengawas perikanan yang terpercaya.

  1. Adakan koordinasi dan selalu melaksanakan  integrasi antar bidang dan institusi dalam menjalankan tugas di lapangan nanti, agar tujuan mulia dari pengawasan menjadi cepat, tepat dan aman serta berhasilguna bagi tujuan kesejahteraan masyarakat nelayan dan bangsa Indonesia tercinta.

  1. Kepada para narasumber, tidak lupa saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta tularkanlah semua ilmu pengetahuan yang

saudara miliki, upayakan tercipta proses pembinaan/ bimbingan yang kondusif serta ciptakan forum diskusi yang aktif dan dinamis,  agar Bimtek ini menjadi sukses dan tepat sasaran sesuai dengan tujuan yang kita harapkan bersama.

 

Akhirnya tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada Stasiun Pengawasan SDKP Belawan dan seluruh pihak yang telah memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan bagi Pejabat fungsional Pengawas Perikanan dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Calon/ Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun PSDKP Belawan.


Kita harapkan bersama, dengan diselenggarakannya kegiatan Bimbingan Teknis ini,  dapat terbentuk Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan yang disiplin, bertanggung jawab, berwawasan luas, berpengetahuan dan berkualitas serta mampu memenuhi standar yang diprasyaratkan untuk  melaksanakan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

          Dan kepada peserta sekalian serta para narasumber, saya ucapkan Selamat mengikuti bimbingan teknik ini dengan baik.

 

Sedangkan Kepala Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Belawan Bapak Mukhtar, A.Pi. M.Si mengatakan Dengan terselenggaranya acara Bimbingan Teknis Calon/ Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun PSDKP Belawan ini diharapkan dapat mewujudkan Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan yang berwawasan, berpengetahuan dan berkualitas tinggi, disiplin, bertanggung jawab dan berkualitas serta mampu memenuhi standar kemampuan yang diisyaratkan dalam melaksanakan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

 

Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Belawan menyelenggarakan acara Bimbingan Teknis Calon/ Pejabat Fungsional Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Belawan mulai tanggal 6 – 9 Juli 2012 bertempat di Hotel Asean Internasional Medan". Acara dibuka langsung oleh Bapak Syahrin Abdurrahman, SE Direktur Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan.


 




  


Tidak ada komentar: