05 Agustus, 2015

KKP dan NOAA Menyelenggarakan Workshop Pemberantasan IUU Fishing

 
Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan USAID dan NOAA (The Nasional Oceanic and Atmospheric Administration) pada tanggal 27 – 31 Juli 2015 bertempat Hotel Sari Pan Pacifik Jakarta menyelengarakan kegiatan Workshop Pemberantasan IUU Fishing  yang dibuka dan ditutup oleh Bapak Anang Noegroho Kepala Pusat Analisa Kerja Sama Internasional dan Antarlembaga Sekretariat Jenderal KKP.
 
Kegiatan Workshop Pemberantasan IUU Fishing  dilaksanakan berdasarkan  dengan surat Kepala Pusat Analisa Kerja Sama Internasional dan Antarlembaga No. 996/SJ.7/VI/2015 tanggal 17 Juni 2015 perihal Undangan Warkshop dengan Tujuan meningkatkan pengertian peserta terhadap beberapa aspek illegal, unreported and undregulated Fishing dan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap alat yang tersedia dalam memerangi IUU Fishing dan memfasilitasi dialog tentang cara-cara yang telah teridentifikasi yang dapat digunakan peserta dalam memerangi IUU Fishing dan trade-in dalam produk ikan IUU Fishing.
Peserta Workshop Pemberantasan IUU Fishing   dari Satuan Tugas Pemberantasan IUU Fishing,  Direktorat Produksi Ditjen Perikanan Budidaya, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (Dit Pelabuhan, Dit Kapal API, Dit Sumber Daya Ikan) Direktorat Pemasaran Luar Negeri Ditjen P2HP, Direktorat Jenderal PSDKP (Dit PP, Dit Kapal Pengawas, Dit Pengawasn SDP, Dit Pemantauan dan PIP dan Sekjen), Pusat Penelitian Pengolahan Perikanan dan Konservasi Sumber Daya Ikan, Pusat Karantina Ikan BKIPM, Sekjen KKP (Biro Hukum dan Organisasi, Biro Perencanaa dan Puskita).


Paparan disampaikan dengan topik :
a)    Gambaran IUU Fishing  secara global, regional dan nasional.
b)    Penggunaan Alat Intelejen dalam memerangi IUU Fishing dan perdagangannya.
c)    Penggunaan teknologi dalam memerangi IUU Fishing.     
d)    Metode penegakan hukum di laut.
e)    Alat investigasi untuk memerangi IUU Fishing.   
f)     Alat penuntutan dan hukum dalam memerangi IUU Fishing. 
g)    Flag State and Port State Controls (PSM).
h)   Pengukuran market dalam memerangi IUU Fishing.
i)     Inisiatif global dan regional dalam memerangi IUU Fishing     dan perdagangan produk ikan IUU Fishing.
 


Pada sesi terakhir Workshop Pemberantasan IUU Fishing mendiskusikan rekomendasi tentang bagaimana NOAA (dengan asistensi dari USAID) dengan KKP dapat meningkatkan kolaborasi dalam memerangi IUU Fishing dengan rekomendasi kerjasama sebagai berikut.


a)    Menyelenggarakan Workshop Pemberantasan IUU Fishing  untuk para aparat pengawas perikanan dan penyidik perikanan yang berada dilapangan.
b)    Pengembangan pengumpulan dan analisa kapabilitas informasi IUU Fishing.
c)    Membagi informasi sehubungan dengan IUU Fishing (termasuk data produk perikanan impor dan ekspor).
d)    Pengembangan kampanye publik/media dalam memerangi IUU Fishing.
e)    Pelaksanaan perjanjian Port State Controls (PSM) dan penyelesaian kurikulum pelatihan bagi aparat KKP dilapangan dalam melaksanakan Port State Controls (PSM).
f)     Berkolaborasi dengan organisasi internasional dan regional.

 
Kasie Operasional Kapal Pengawas Wilayah Barat

Tidak ada komentar: