06 Mei, 2015

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan

Siapa yang tak kenal dengan mentimun atau ketimun atau timun? Buah yang merupakan sayur ini enak dimakan mentah sebagai lalapan. Buah dengan nama ilmiah Cucumis sativus L ini juga sangat nikmat dijadikan acar. Buah yang banyak mengandung air ini ternyata dimasak juga enak. Namun demikian, untuk dimakan mentimun lebih enak dihidangkan mentah atau jika dimasak setengah matang saja, karena jika terlalu masak maka rasanya tidak enak lagi.



Mentimun yang untuk lalap dicuci bersih lalu dipotong-potong terlebih dahulu. Sebaiknya kulit jangan dikupas, karena serat yang banyak terdapat pada kulitnya. Namun, karena mentimun disemprot dengan pestisida, sebaiknya dikupas dan dibuang kulitnya, kecuali jika Anda benar-benar tahu bahwa mentimun yang akan Anda makan tidak disemprot dengan pestisida kimia. Mentimun yang enak dimakan tentu yang masih muda. Jika sudah tua, maka rasanya tidak enak lagi. Biji pada mentimun yang sudah tua akan lebih keras, berbeda dengan yang masih muda bisa langsung dimakan. Ternyata banyak manfaat dari mentimun yang sudah dikupas atau dipotong-potong. Selain untuk mendinginkan di kala sedang panas juga ada manfaat yang lain, seperti dikutip dari Bold Sky dan Naturalnews berikut ini.

1. Membantu penurunan berat badan dan pencernaan

Karena rendah kalori dan kadar air yang tinggi, mentimun merupakan diet yang ideal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif dalam membersihkan tubuh dari racun dari sistem pencernaan, membantu pencernaan. Konsumsi harian mentimun dapat dianggap sebagai obat untuk sembelit kronis.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat kesehatan dari mentimun yang lain adalah karena mentimun kaya akan kalium. Mentimun adalah sumber kalium yang baik yang sangat diperlukan dalam tubuh Anda untuk menjaga jantung Anda tetap sehat.

3. Anti-oksidan

Makanan yang Anda makan mungkin terdapat oksidan yang menyebabkan penuaan dan beberapa penyakit. Manfaat gizi dari mentimun berasal sebagian besar dari anti-oksidan (vitamin A dan C, karoten, b-karoten dll).

4. Menyembuhkan diabetes, mengurangi kolesterol dan mengontrol tekanan darah

Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang telah ditemukan untuk menjadi bermanfaat bagi pasien diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar
kolesterol. Mentimun mengandung banyak kalium, magnesium dan serat yang bekerja efektif untuk mengatur tekanan darah. Hal ini membuat mentimun baik untuk mengobati tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

5. Membangun tulang kuat

Kita tahu bahwa susu membantu dalam perkembangan tulang. Ternyata mentimun juga demikian, yang merupakan salah satu manfaat kesehatan penting dari mentimun. Mentimun kaya vitamin K yang memainkan peran penting dalam mengembangkan kekuatan tulang karena menambah ‘Osteotrophic’.

6. Sumber mineral

Manfaat kesehatan mentimun juga berasal dari mineral yang terkdung buah dalam jumlah besar. Anda telah belajar tentang potasium. Selain itu ada besi, fosfor, magnesium, seng, tembaga, dan mangan fluoride yang memainkan peran penting dalam membangun tubuh yang sehat.

7. Baik untuk pasien Alzheimer

Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa mentimun efektif dalam mengurangi kerusakan saraf di otak yang menghasilkan kondisi yang lebih baik dari pasien Alzheimer.

8. Perawatan kulit dan rambut 

Tempelkan sepotong mentimun pada kelopak mata, pejamkan mata terlebih dahulu. Mentimun dapat mengatasi mata bengkak dan sifat anti-inflamasi membantu mengurangi bengkak. Silikon dan sulfur dalam mentimun membantu merangsang pertumbuhan rambut.

9. Melawan kanker 

Mentimun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan memiliki sejarah yang kuat dari penelitian sehubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat.

10. Perawatan rumah

Menghilangkan cermin berkabut. Sebelum mandi, gosok sepotong mentimun sepanjang cermin dan akan menghilangkan cermin dari kabut yang suram. Ambil sepotong mentimun dan gosokkan pada engsel pintu rumah yang berbunyi, ini akan menghilangkan bunyi engsel pintu tersebut.

11. Meredakan bau mulut 

Ambil sepotong mentimun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah selama 30 detik, phytochemcials akan membunuh bakteri di mulut Anda yang bertanggung jawab menyebabkan bau mulut.

12. Obat mabuk

Untuk menghindari mabuk pagi atau sakit kepala, makan beberapa iris mentimun sebelum tidur. Mentimun mengandung gula yang cukup, vitamin B dan elektrolit untuk mengisi banyak nutrisi penting, mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.13. Meningkatkan kesehatan sendi, mengurangi asam urat dan nyeri rematik  Mentimun adalah sumber silika, yang dikenal dalam membantu mempromosikan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Mentimun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium. Ketika dicampur dengan jus wortel, mereka bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan menurunkan kadar asam urat. 

http://getshiggy.blogspot.com/2015/04/manfaat-mentimun-untuk-kesehatan-yang.html

Tidak ada komentar: