06 Mei, 2015

Koarmabar Tangkap Kapal Thailand Pencuri Ikan Berbobot 105 GT

Herianto Batubara - detikNews
Koarmabar Tangkap Kapal Thailand Pencuri Ikan Berbobot 105 GTKoarmabar amankan kapal pencuri ikan Thailand (dok. Koarmabar)
Jakarta - Jajaran Komando Armada RI kawasan Barat (Koarmabar) kembali menangkap dan mengamankan sebuah kapal ikan asing (KIA) berbendera Thailand. Kapal ini diduga melakukan kegiatan illegal fishing di wilayah perairan yurisdiksi Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan Armada Barat (Dispenarmabar) Letkol (Laut) Ariris Miftachurrahman dalam rilis yang diterima detikcom Rabu (6/5/2015). Kapal tersebut diamankan Selasa (5/5).

Dijelaskan Ariris, kapal Thailand tersebut ditangkap dan diperiksa Kapal Angkatan Laut (KAL) Baruk. Kapal itu terpergok melakukan kegiatan menangkap ikan di perairan antara Tarempa dan Mindai pada posisi 02 44 30 U-107 26 40 T.

Setelah diperiksa, lanjut Ariris, nahkoda kapal Thailand itu tidak dapat menunjukkan surat-surat dan dokumen kapal. Kapal tersebut bernama Laut Natuna 15 dan termasuk kapal jenis trawl.

Ditambahkan Ariris, kapal yang lambungnya berwarna hijau dengan bangunan warna putih ini diawaki 17 orang ABK berkebangsaan Thailand. Saat ditangkap kapal memuat 350 Kg ikan campuran.

Kapal dengan bobot 105 Gross Tonnage (GT) beserta ABK-nya selanjutnya dikawal KAL Baruk bersama KRI Silas Papare-386 menuju Lanal Tarempa. Kapal itu dibawa guna poses pemeriksaan lebih lanjut.

Tidak ada komentar: