20 November, 2014

Rapat Evaluasi Kegiatan Pengawasan Sumber Daya Kelautan Tahun 2014

Direktorat Pengawasan Sumber Daya Kelautan Direktorat Jenderal Sumber Daya Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan Evaluasi Pengawasan Sumber Daya Kelautan Tahun 2014 pada tanggal 11 s/d 12 Nopember  2014 di Hotel  Bintang Griyawisata Jakarta dengan peserta sekitar 30 orang dari UPT lingkup Direktorat Jenderal PSDKP dan dari Direktorat Pengawasan SDK.

 Pembukaan dilakukan oleh Bapak Adi Sameta Direktur Pengawasan Sumber Daya Kelautan didampingin oleh Kasubdit di lingkungan Direktorat Pengawasan SDK yaitu Dra. Erlina Luswiyati, Drs. Dewanto P. B,  MM. Acara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan panitia lalu dibuka oleh Direktur Pengawasan Sumber Daya Kelautan Ditjen PSDKP.


Latar Belakang Dalam rangka peningkatan capaian kinerja Direktorat Pengawasan Sumber Daya Kelautan, Direktorat pengawasan Sumberdaya Kelautan- Ditjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan pada TA 2014 akan dilaksanakan kegiatan “Evaluasi Pengawasan Sumber Daya Kelautan”.

Maksud dan Tujuan : Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah mengevaluasi kegiatan di tiap UPT di lingkup Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan.




Dari paparan yang disampaikan oleh masing-masing Kepala UPT Tentang pelaksanaan kegiatan Pengawasan Sumber Daya Kelautan di Lingkungan Kerja masing masing UPT. Pertama disampaikan oleh Kepala Pangkalan Pengawasan SDKP Jakarta Bapak Ir. Pantja Waluyo P, Kedua Kepala Pangkalan Pengawasan SDKP Bitung Bapak Pung Nugroho Saksono, A.Pi, MM, Lalu Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Belawan Bapak Basri, A.Pi, M.Si setelah itu Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Pontianak Bapak Sumono Darwinto, A.Pi, S.Pi lalu terakhir Bpaka Mukhtar, A.Pi, M.Si Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Tual.



        RUMUSAN HASIL PERTEMUAN EVALUASI PENGAWASAN SDK TAHUN 2014
1.    Review data obyek dan  daerah rawan pelanggaran pemanfaatan SDK setiap Propinsi/Kab/Kota
2.    Dalam penetapan obyek lokasi untuk pencapaian kinerja diminta agar Pusat berkoordinasi dengan UPT. Hal ini untuk memantapkan pencapaian target kinerja yang sinergis antara kebijakan pusat dan pelaksana tugas di lapangan ( bottom – up)
3.    Kurangnya sarana prasarana penunjang dalam melakukan pengawasan SDK di lapangan.
4.    Dibutuhkan penunjukkan petugas yang bertanggungjawab terhadap penyusunan dan penyampaian database dan hasil pengawasan dengan Surat Perintah dari masing-masing Kepala UPT/Satker/Pos
5.    Mengintensifkan koordinasi antara Dit SDK dengan UPT/Satker/Pos Dinas KP Prop/Kab/Kota agar pencapaian target kinerja terpenuhi
6.    Bimbingan teknis pengawasan dari Dit SDK ke UPT/Satker/Pos agar lebih intensif
7.    Hasil pengawasan dilapangan yang dilakukan UPT/Satker/Pos dapat ditindaklanjuti oleh Dit SDK
8.    Penanganan kasus terkait pelanggaran SDK yang bersifat insidentil harus segera direspon dengan menurunkan Tim ke lapangan



 TINDAK LANJUT

1.    Dibutuhkan pertemuan evaluasi kegiatan Was SDK per semester dalam  satu tahun anggaran untuk menyamakan persepsi kegiatan SDK
2.    Pusat mengadakan sarana  sesuai dengan kebutuhan pengawasan di lapangan
3.    Segera menunjuk koordinator yang bertanggung jawab terhadap kegiatan SDK dimasing-masing UPT



Peserta dari Stasiun Pengawasan SDKP Tual adalah Mukhtar, A.Pi, M.Si Selaku Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Tual, Vincentius Y.P, S.Pi selaku Koordinator Pos PSDKP Manokwari,  Ali Tamher Koordinator Pos PSDKP Banda dan Agung Triyono, S.Pi selaku Staf Stasiun PSDKP Tual yang menanganai pelaporan Pengawasan SDK.



Penulis  : Mukhtar, A.Pi, M.Si (Peserta) 19112014
Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Tual

Tidak ada komentar: