10 Februari, 2014

Manfaat Buah Melon Untuk Tubuh Kita


Buah melon atau yang memiliki nama ilmiah Cucumis Melo L merupakan buah yang termasuk Dallam jenis labu-labuan atau cucurbitacae. Untuk di daerah tropis seperti di Indonesia, buah ini sangat digemari karena memiliki tekstur yang lunak serta memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang banyak sehingga sangat cocok dan sangat menyegarkan untuk di konsumsi di daerah tropis seperti Indonesia ini. Buah ini juga biasanya di sajikan untuk menu pencuci mulup ataupun dapat dimakan pada siang hari di cuaca yang panas. Namun dibalik rasanya yang manis buah ini juga memiliki banyak manfaat yang baik loh buat tubuh kita.  Dari hasil penelitian yang ada buah ini diketahui memiliki beberapa manfaat seperti :

1.     Dapat Melancarkan Buang Air Besar
Buah ini dapat melancarkan buang air besar dikarenakan kandungan seratnya yang cukup banyak. Ya pasti anda semua sudah tau kalau buah yang mengandung serat itu sangat bagus untuk melancarkan buang air besar.  Jadi dengan mengkonsumsi buah melon secara teratur pastinya akan membuat anda nyaman saat buang air besar hehe.

2.     Bermanfaat Sebagai Anti Stroke
Buah melon juga dapat menjadi penangkal atau pencegah dari penyakit stroke. Buah ini dapat menjadi penangkal anti stroke karena buah ini mengandung senyawa anti koagulan yang dikenal dengan nama adenosine. Senyawa ini mampu menghentikan penggumpalan yang terjadi Dallam sel darah yang berpotensi mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

3.     Bermanfaat Sebagai Anti Kanker
Buah ini juga dapat dijadikan makanan sehat yang berguna untuk mencegah penyakit kangker karena secara ilmiah telah terbukti bahwa melon mengandung senyawa karatenoid Dallam jumlah yang tinggi. Dengan begitu sangat wajar jika melon sangat mampu untuk mencegah gejala penyakit kangker.

4.     Dapat Membantu memelihara Ginjal
Melon dikatakan dapat membantu memelihara ginjal karena buah yang satu ini memiliki sifat diuretic. Diuretic merupakan sifat dimana buah tersebut akan menimbulkan efek sering buang air kecil bagi yang memakanya, sehingga dengan memakan buah ini otomatis akan membuat anda sering buang air kecil dan secara langsung akan membuat ginjal anda menjadi sehat.

5.     Meredam Panas Dalam
Manfaat buah melon yang lainnya adalah meredam panas Dallam. Buah melon memiliki 95% kandungan air sehingga saat orang mengkonsumsinya maka akan membuat tubuh orang tersebut menjadi lebih segar sehingga akan terhindar dari panas Dallam.

6.     Dapat Mempercantik kulit
Selain beberapa manfaat buah melon yang ada di atas, buah melon juga dapat membantu mempercantik kulit anda. Buah melon dapat mempercantik kulit karena buah melon juga mengandung kolagen yang dikenal mampu menjaga elastisitas dan keremajaan kulit.

7.     Menyediakan Nutrisi yang Penting Bagi Tulang dan Gigi
Buah melon memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar sehingga kandungan vitamin C yang banyak inilah yang akan membantu Dallam menyediakan nutrisi pada tulang dan gigi.



Dari berbagai macam manfaat buah melon di atas tentunya akan lebih terasa bermanfaat jika kita mengimbanginya juga dengan gaya hidup yang sehat. Karena dengan gaya hidup yang sehat akan membuat kita jauh lebih sehat dan tentunya jika kita sehat semua akan terasa lebih nikmat karena menjaga kesehatan itu sangat penting hehehe. Semoga artikel saya tentang manfaat buah melon ini dapat bermanfaat untuk anda. Dan jangan lupa langsung beli buah melon ya setelah membaca artikel ini hehehe. Akhir kata Salam hidup sehat.

Sumber: intips-kesehatan,sudutbacaan,google image