25 Agustus, 2013

Sosialisasi Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (VMS) di Belawan

Direktorat Pemantauan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan dan PIP Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (VMS) dalam rangka Mendukung Peraturan Menteri Kelautan NOMOR/10/PERMEN-KP/2013 Tanggal 23 Mei 2013 Tentang Sistem Pemantauan Kapal Perikanan pada tanggal 23 Agustus 2013 di Balai Pertemuan Nelayan Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan.

Acara tersebut di hadiri oleh sekitar 40 orang yang terdiri dari Pemilik Kapal, Asosiasi Nelayan, pengurus kapal, Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan dan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Belawan.
Pembukaan dilakukan oleh Ir. Fifi Rifiani, MBA Kasubdit Pemantauan Pemanfaatan SDP mewakili Direktur Pemantauan SDKP dan PIP didampingin oleh Mukhtar, A.Pi, M.Si Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Belawan.
 Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Belawan pada sambutannya mengatakan bahwa Sosialisasi Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (VMS) dalam rangka Mendukung Peraturan Menteri Kelautan NOMOR/10/PERMEN-KP/2013 Tanggal 23 Mei 2013 Tentang Sistem Pemantauan Kapal Perikanan perlu dilakukan mengingat ada perubahan yang mendasar dari Peraturan sebelumnnya yaitu bahawa kapal ukuran 30 GT - 60 GT wajib memasang VMS on line dan merupakan persyaratan penerbitan perizinan kapal perikanan.  Selain itu mengharapkan kepada pihak provaider agar pro aktif dalam purna jual karena banyak VMS yang rusak sampai saat ini belum banyak diperbaiki.

 Dalam paparan oleh Ir. Fifi Rifiani, MBA Kasubdit Pemantauan Pemanfaatan dengan judul Penyelenggaraan Sistem Pemantauan Kapal Perikanan menjelaskan apa itu VMS dan fungsi VMS bagi pemerintah dan Pihak Pemilik kapal, begitu juga gambaran tentang traking VMS.

 Paparan juga disampaikan oleh beberapa provaider yaitu PT. PSN. Argos, Amalgam, dan PT SOG yang menjelaskan tentang keungulan masing-masing produknnya.

Panitia Acara Sentot Krisnanto, B.Sc, SH Kepala Seksi Analisa Hasil Pemantauan Pemanfaatan SDKP dan stafnya Febrianto W Utama, A.Md

Tidak ada komentar: