05 Januari, 2009

POKMASWAS PANTAI AL-HIKMAH KAB. MUNA JUARA HARAPAN II TINGKAT NASIONAL


Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pantai Al – Hikmah Desa Mata Indaha Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna Propinsi Sulawesi Tenggara mendapat penghargaan sebagai Juara Harapan II Tingkat Nasional Tahun 2008 dari Menteri Kelautan dan Perikanan pada acara Hari Nusantara ke 9 Tahun 2008 di Pelabuhan Gresik Jawa Timur Pada tanggal 24 Desember 2008.

Puncak acara Hari Nusantara ke 9 Tahun 2008 dibuka secara resmi oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Insan Kelautan dan Perikanan yang Hadir pada acara tersebut Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, Bapak Direktur Jenderal P2SDKP Dr. Ir. Aji Sularso, MMA, Bapak Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Ir. Made Nurjana, Bapak Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Ir. Ali Supardan dan Bapak Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sarwono.

Pokmaswas Pantai Al – Hikmah Desa Mata Indaha Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna Propinsi Sulawesi Tenggara dibentuk pada tanggal 21 April 2006 dengan Ketua La Jabu dan Sekretaris Zunia beranggotakan 15 orang. Sepak terjang kelompok Masyarakat Pengawasan ini karena sudah banyak melakukan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan berbasis masyarakat. Ditandainya banyak laporan yang disampaikan pokmaswas ini kepada petugas akan adanya kegiatan illegal fishing seperti pemboman ikan, pengambilan pasir dan menjembatani sehingga tidak terjadi konflik nelayan pendatang dengan nelayan setempat.

Pokmaswas Pantai Al – Hikmah Desa Mata Indaha Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna Propinsi Sulawesi Tenggara dalam menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan agar tetap lestari dari tangan-tangan jahil masyarakat yang tidak bertanggung jawab berkerja sama dan dibawah binaan Satker PSDKP Kendari. Beberapa kali Satker PSDKP Kendari melakukan patroli bersama dengan Pokmaswas iini.

Sumber : satker PSDKP Kendari http://www.p2sdkpkendari.com



Tidak ada komentar: