16 Juli, 2018

Puluhan Kapal Terbakar di Pelabuhan Benoa, Ini Hasil Investigasinya

Puluhan Kapal Terbakar di Pelabuhan Benoa, Ini Hasil Investigasinya Foto: Kebakaran di Benoa (Nandang-detikcom)

Korsleting disebut terjadi pada salah satu kapal yakni KM Cilacap Jaya Karya milik PT Arabikatama Khatulistiwa Fishing Industry (AKFI). Api kemudian menyambar cepat ke puluhan kapal lainnya.

"Indikasi penyebab informasi awal diduga disebabkan hubungna arus pendek. Ini menyambar deretan kapal lainnya, yang terbakar jumlahnya 36 kapal," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di kantornya, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Susi menyebutkan, 36 kapal tersebut dimiliki sejumlah pihak dengan rincian milik PT AKFI 5 kapal, PT Intimas Surya 7 kapal, serta PT Bandar Nelayan sebanyak 24 kapal. Namun, jumlah tersebut belum termasuk kapal perikanan, seperti speedboat.

Susi juga menyoroti jumlah kapal di Pelabuhan Benoa yang mencapai 700 kapal. Jumlah ini menurut Susi melebih kapasitas pelabuhan.

"Dari beberapa analisa adalah bahwa jumlah kapal yang ada di Pelabuhan Benoa melewati ambang kapasitas daripada pelabuhan di Benoa tersebut. Jadi total kapal yang ada di Pelabuhan Benoa saat terjadi kebakaran ada 700 lebih kapal, tidak lebih dari 800," sambungnya.

Kelebihan kapasitas daya tampung pelabuhan menurut Susi terjadi karena ada kapal eks asing yang belum juga kembali ke negara asal. Ada juga kapal yang tidak diakui kepemilikannya.

"Total 173 kapal eks asing yang seharusnya setelah dianalisis dan evaluasi mereka harusnya diderek dan pulang kembali. Namun banyak juga yang memang sudah tidak diakui pemiliknya," paparnya.

Karena itu, ada rencana menderek kapal-kapal eks asing yang berada di Pelabuhan Benoa dan memusnahkan kapal yang tidak diakui pemiliknya.
(fdn/fdn)

https://news.detik.com/berita/d-4119660/puluhan-kapal-terbakar-di-pelabuhan-benoa-ini-hasil-investigasinya 

PULUHAN KAPAL IKAN DILALAP JAGO MERAH DI PELABUHAN BENOA BALI

 




 
 Belum Lengkap Pegawai Ditjen Perikanan Tangkap  Kalau Belum Pakai Topi ini
Yang Berminat Hub 081342791003

KAVLINGAN GRIYA GODO PERMAI BIMA

Kos Putri Salsabilla Kendari

BATIK MOTIF IKAN

 

Tidak ada komentar: