24 Juni, 2018

“The 9th Indonesian Annual Tuna Fisheries Catch Estimates Review Workshop

Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ditjen Perikanan Tangkap KKP  melaksanakan “The 9th Indonesian Annual Tuna Fisheries Catch Estimates Review Workshop (ITFACE-9) - WCPFC Area (WPP 713, 71, 715, 716,717) yang diselengarakan di Hotel Salak The Heritage Bogor Jawa Barat pada tanggal 22 - 23 Juni 2018. Acara dibuka oleh Bapak Trian Yunanda, S.Pi, M.Sc Kepala Subdit Pengelolaan Sumber Daya Ikan ZEEI dan Laut Lepas.  Hadir seluruh stakeholders terkait perikanan tuna Indonesia antara lain Kepala Pelabuhan Perikanan, Asosiasi Perikanan Tuna, DJPT.

Acara ini dilaksanakan sebagai kewajiban Indonesia menjadi anggota penuh di Wesrn and Central Pasific Fisheries Commission (WCPFC)  yang merupakan salah satu RFMO yang mengelola tuna dan sejenis tuna di Samudera Pasifik berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 61 Tahun 2013 Tentang Pengesahan Convention on the Conservation and Management of Highly Migratory Fish Stocks in Western and Central Pacific Ocean (Konvensi Tentang Konservasi dan Pengelolaan Sediaan Ikan Beruaya Jauh di Samudera Pasifik Barat dan Tengah) tanggal 28 Agustus 2013.
Oleh karena itu Indonesia  berkewajiban menyampaikan "annual catch estimate melalui Annual Report Part1 setiap tahunnya pada minggu pertama bulan Juli tahun 2018. Penyampaian laporan ini berpengaruh pada kepathuan Indonesia di WCPFC. Laporan ini divalidasi melalui Indonesia Annual Tuna Fisheries Catch Estimates Review Workshop yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Direktorat Sumber Daya Ikan DJPT yang berkerja sama dengan WCPFC melalui kegiatan WPEA-WCPFC.
 Selain dari Direktorat SDI paparan disampaikan juga oleh beberapa Kepala Pelabuhan salah satunya  Kepala PPS Kendari Bapak Antonius Budi Utomo, A.Pi selain itu Kepala PPS Bitung dan PPN Ambon.
Perwakilan dari PPS Kendari Bapak Recky Pangemanan, S.St.Pi
Selain acara diatas Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ditjen Perikanan Tangkap KKP melaksanakan Pembahasan Peraturan Dirjen Perikanan Tangkap tentang Alokasi Sumber Daya Ikan dan Alokasi Usaha Penangkapan Ikan di WPPNRI bersama dengan Ketua , Direktorat Lingkup DJPT dan perwakilan Peneliti


Sehari sebelumnya pada tanggal 21 Juni 2018 Kasubdit PSDI ZEEI & Laut Lepas , memimpin rapat “The 9th Indonesian Annual Tuna Fisheries Catch Estimates Review Workshop (ITFACE-9) - WCPFC Area (WPP 713, 71, 715, 716,717).. Hadir database manager WCPFC Mr. Peter William dan Project Manager WCPFC Mr. Dale..


Topi Pegawai Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap

Belum Lengkap Pegawai Ditjen Perikanan Tangkap  Kalau Belum Pakai Topi ini
Yang Berminat Hub 081342791003

Tidak ada komentar: