24 Juni, 2018

Calabai Berbenah, Kembangkan Wisata Bahari dengan ADD

Desa Calabai Kecamatan Pekat sejak lama dikenal dengan keindahan alam lautnya. Panorama natural nan eksotik tak terbantahkan lagi. Air laut yang jernih memperlihatkan aneka pemandangan yang menyejukkan hati. Biota laut aneka jenis laksana menari-nari karena terpaan gelombang. Beragam jenis ikan besar maupun kecil berwarna-warni bergerak ke sana kemari dan meliuk-liuk di dalam air. Sesekali terlihat penyu berenang di lokasi perairan yang dangkal dan bermain-main di pasir pantai nan indah.  Di dasar lautan juga menyimpan sejuta pesona yang menyulap mata. Terumbu karang aneka jenis di bawah lautan Calabai menyuguhkan keindahan tiada terkira.
Namun, sebagian keindahan alam bawah laut itu sempat ternoda oleh ulah tangan-tangan jahil yang melakukan pengeboman ikan maupun menggunakan potassium. Upaya rehabilitasi yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam LSM KOMPPAK bermitra dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu dan Pegadaian (Persero) Area Dompu beberapa tahun belakangan ini, kini membuahkan hasil nyata. Terumbu karang kembali menampakkan keindahannya. Penyu-penyu hijau juga sudah bisa terselamatkan populasinya meskipun masih membutuhkan pemeliharaan dan perlindungan.
Berdasarkan informasi Direktur LSM KOMPPAK, Christian, Pemerintah Desa Calabai kini menggandeng KOMPPAK untuk pengembangan wisata bahari di wilayah tersebut. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah pengadaan mesin tempel Yamaha 40 PK dan banana boat dari anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dan ditambah dana pribadi Direktur LSM KOMPPAK.
"Kami punya program kerja pengembangan wisata bahari sehingga kami sharing dengan Pemdes Calabai melalui Bumdes Calabai Mandiri," ungkap Chris. Banana boat tersebut dilaunching pada saat Hari Raya Idul Fitri 1439 H lalu. "Baru launching lebaran kemarin tapi pengunjung dan permintaan tetap ada dan kami akan tetap memberikan pelayanan di setiap hari Minggu," paparnya.
Chris kembali berpromosi bahwa wisata bahari di Laut Calabai dijamin tidak mengecewakan bagi para pengunjung. Dengan Banana Boat, pengunjung bisa diajak berpesiar menyusuri perairan Laut Calabai dan sekitarnya. Termasuk pula dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang masih alami dan hasil trasplantasi. (LP.NTB/EMO DOMPU)

http://www.koranlensapos.com/2018/06/calabai-berbenah-kembangkan-wisata.html?m=1 


KAVLINGAN GRIYA GODO PERMAI BIMA

 Investasi Kavling Tanah Perumahan di Griya Godo Permai 
yang merupakan Daerah Pengembangan Ibu Kota Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat.
Jarak hanya +  1 Kilo meter  dari Kantor Bupati Kab. Bima dan dari jalan utama hanya + 500 Meter.
Harga yang ditawarkan mulai 19 juta sampai 28 juta sesuai luas tanah 160 M2 sampai 222 M2.
Bermina Hubungi Bapak Mukhtar, A.Pi (081342791003) diluar  bima atau Bapak Burhanuddin HA (081353521456) di Bima

 

Tidak ada komentar: