10 April, 2018

Rakernas ke 1 Koral AUP - STP Jakarta

Alhamdulillah, sesuai AD ART Korps Alumni AUP - STP BAB XIII Pasal 16 tentang Rapat Kerja Nasional maka Koral AUP-STP periode 2017-2022 melaksanakan RAKERNAS ke 1 di Bali pada tanggal 6 - 8 April 2018 dengan dihadiri oleh Pengurus Pusat (PP), Dewan Pertimbangan, Dewan Pengawas, Dewan Pakar dan perwakilan Pengurus Wilayah (Pengwil), Pengurus Daerah (Pengda) dan Perwakilan Pengurus Angkatan (Pengat).  

"Koral akan sulit mewujudkan program kerja yang bersinergi dengan pembangunan kelautan perikanan tanpa mendukung regulasi pemerintah", demikian bagian cuplikan dari pidato Ketua Umum Koral AUP STP, Bpk. Jeje Wiradinata pada awal acara. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi panel mengenai issue strategis dari program pemerintah dengan menghadirkan eselon 2 dari beberapa Dirjen Kementrian Kelautan Perikanan . Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembahasan proram kerja dari berbagai komisi.
Di hari ke 2 Rakernas, Ketika fadjar minyingsih, ketikan sembahyang dan doa terselesaikan, segenap alumni berkumpul di pantai Jimbaran Kuta Bali, melakukan kegiatan peduli bersih pantai dan Restocking.

Tuhan Yang Maha Pencipta....
Bersihkan jiwa kami, bersihkan pantai kami.
Lestarikan generasi kami juga lestarikan perikanan diperairan kami.
Diantara kami tiada yang pantas terputus, karena ini merupakan rantai kehidupan.


Lihat / Baca Kegiatan Alumni AUP STP Jakarta yang lainnya

 Masya Allah, ternyata ada serah terima infaq dari alumni Australia (diwakili oleh Edi Kusnadi 23) untuk renovasi masjid Nurul Falah STP. Padahal Sekitar 2 minggu yang lalu baru komunikasi dengan Santanu 27 di Australia mengai kegiatan keagamaam alumni disana.
 

HASIL RAKERNAS 1 KORAL AUP-STP JAKARTA

A.      Bidang Kelembagaan
1.       Perubahan Nama :
KORWIL menjadi PENGWIL (Pengurus Wilayah : Provinsi)
KORDA menjadi PENGDA (Pengurus Daerah : Kab/kota)
2.       Setiap Anggota KORAL Wajib membayaran Iuran sebesar Rp.100.000/periode jabatan pengurus pusat (5 tahun). Dikumpulkan di PENGDA/PENGWIL masing-masing domisili.
3.       Setiap PENGWIL & PENGDA wajib mempunyai bendera KORAL &STP/AUP : dikoordinis oleh pengurus pusat.
4.       Pembuatan kartu anggota KORAL ( diurus oleh pusat berkordinasi dengan PENGWIL dan pengurus angkatan mengenai data alumni)
5.       Pengukuhan Pengurus wilayah dilakukan oleh pusat, pengukuhan Pengurus daerah dilakukan oleh Pengurus wilayah, Pengukuhan ketua angkatan diajukan ke pusat dan akan menerima SK dari pusat berlaku hanya KETUA dan Sekretaris angkatan.

B.      Bidang Dana & Usaha
1.       Pembuatan Merchindise berupa kalender & agenda 2018
2.       Pengadaan Kelengkapan Organisasi : Jas Koral (Wajib untuk pengurus) dan seragam Harian
3.       Membuat usaha alumni “KORAL FOOD/SEPHIA FOOD” : Sudah terlaksana di Pangandaran, Target : sekolah dan 3 Pengwil (Jabar, Jatim, dan Makasar)
4.       Membentuk koperasi Koral pusat (sekunder) & Koperasi daerah (Primer) : hasil Di rapatkan kembali oleh pengurus pusat 2 minggu ke depan.
5.       Mendirikan KORAL MART : Pangandaran, Jatim, DKI jakarta
6.       Promosi GEMARIKAN : Penjualan Produk KORAL
7.       Mendirikan usaha kuliner olahan ikan “D’KORAL” konsep seperti D’COST : Pangandaran & DKI Jakarta
8.       Kuliner konsep kali lima untuk alumni yang ingin mencoba berwirausaha : Jatim, jakarta dan Makasar
9.       Membuat SPDN : Stasiun pengisian bahan bakar Nelayan
10.   Megadakan FORUM & Temu Bisnis ( Seminar Nasional ) : Makasar
11.   Mengadakan Kegiatan AQUASCAPE
12.   Mengadakan Pelatihan BST untuk nelayan : Pangandaran (Proses)
13.   Mendukung dan memfasilitasi dalam hal untuk mempublikasikan tulisan/karya ilmiah yang dibuat oleh alumni sehingga memiliki nilai jual.
14.   Membentuk dan mendirikan Inkubasi bisnis

*) Semua hasil RAKERNAS di titik beratkan/dibebankan kepada Pengurus wilayah & Pengurus Daerah, untuk Pengurus Angkatan membantu mensukseskan daerahnya masing-masing.
*) Pengurus angkatan Berkomunikasi langusng dengan Pengurus Pusat
*) Setiap Aumni harus melaporkan lokasinya kepada Pengurus Wilayah / Pengurus daerah yang ditempatkan, dan pengurus angkatan, agar terdata dengan baik di pusat.

SARAN UNTUK RAKERNAS SELANJUTNYA
1.       Data dan jumlah anggota dalam satu angkatan harus lengkap
2.       Angkatan harus membawa Pogram kerja angkatan
3.       Susunan kepengurusan angkatan di setor ke pengurus pusat, agar dapat SK resmi dari pusat dan terdata


Djoko Moeljono - Bali Tribune
perikanan
Keterangan Gambar: 
KORAL -- Rekernas-I Korps Alumni (Koral) AUP-STP Jakarta-2018 digelar selama dua hari (7-8 April 2018) di Hotel Sari Segara Resort Jimbaran, yang diikuti 200 peserta dari 25 provinsi se-Indonesia.
BALI TRIBUNE - PARA pelaku usaha perikanan di Indonesia, khususnya lulusan Korps Alumni (Koral) Akademi Usaha Perikanan (AUP) Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah (Kementerian Kelautan dan Perikanan/KKP) untuk saling membesarkan dan dapat memperkuat industri perikanan nasional yang berdaulat dan berkelanjutan serta mampu memberikan dampak positif guna mensejahterakan masyarakat.
 
Demikian dikatakan Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP Dr. Maman Hermawan. MSc., di sela acara Rakernas-I Korps Alumni AUP-STP Jakarta-2018 di Hotel Sari Segara Resort Jimbaran, Sabtu (7/4) malam. 
 
Dalam acara Rakernas yang berlangsung selama dua hari (7-8 April 2018) dan dihadiri sekitar 200 peserta dari 25 provinsi se-Indonesia itu, Maman Hermawan berharap hasil Rakernas kali ini bisa memberikan asupan kepada kebijakan pemerintah (KKP) dalam berbagai aspek, khususnya tentang usaha perikanan di Indonesia. “Mengingat, para alumni AUP-STP ini kebanyakan para pelaku usaha utama perikanan diharapkan dapat menyusun “portofolio industry” perikanan nasional, mulai yang menyangkut SDM sampai usaha tangkap dan konservasinya hingga marketing pasar domistik dan internasional,” kata Maman Hermawan.
 
Ketua Umum Koral AUP-STP (Periode 2017-2022) Jeje Wiradinata menambahkan, pihaknya siap membangun secara internal, almamater serta bersinergi untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam membangun dunia perikanan di Indonesia. “Kami siap menyolidkan para alaumni AUP-STP untuk melaksanakan program penataan organisasi. Jika ada permasalahan maka akan kami lakukan secara dialogis dan komunikasikan dengan baik,” kata Jeje Wiradinata.
 
Ketua Dewan Pengawas Koral AUP-STP, Ir Abdullah Munir mengatakan, tujuan Rakernas ini untuk menghimpun berbagai aspirasi dan masukan yang berkembang di kalangan nelayan di Indonesia. Salah satunya, penyiapan SDM di bidang perikanan dan keluatan juga diharapkan mampu memberi kontribusi kepada pemerintah, terutama terkait dengan penangkaan ikan.
 
Ketua Panitia Rakernas-1 Korps Alumni AUP-STP Jakarta-2018 Hery Arifin Api, MBA., mengatakan, di hari kedua Rakernas, Minggu (8/4), pihaknya menebar seribu bibit Ambalone (kerang) dan 200 ribu nener di perairan Kedonganan, Kabupaten Badung. Tujuan penyebaran benih dua jenis biota laut ini untuk melestarikan kekayaan alam laut Indonesia.
 
Ketut Adil Darme Yase, owner CV Yanidilla Adilindo-tuna processing line, selaku Humas dan alumni AUP-STP Jakarta Angkatan-28 Jurusan Teknologi Pengolahan (1995) turut mensposori makan sashimi gratis dan sepusnya pada acara jamuan makan malam. Pihaknya menyediakan 30 kg ikan tuna sirip biru (Bluefin) selama acara berlangsung.
 
“Kelautan dan perikanan adalah masa depan kita bersama, termasuk anak cucu kita. Jadi, mari semuanya saling bersinergi untuk menjaga aset Nusantara ini. Karena semua anggota Rakernas-I/2018 Koral AUP-STP Jakarta ini adalah alumni lulusan perikanan, semoga ke depan mampu secara berdikari dan menjadi pelaku dari industri perikanan dari Sabang sampai Merauke,” harap Ketut Adil Darme Yase.
 
 

Tidak ada komentar: