18 April, 2016

SAT POLAIR POLRES PANGKAJENE KEPULAUAN BERHASIL MENGAMANKAN 214 ZAK PUPUK AMONIUM NITRATE

 Kronologis dilaporkan oleh Bapak  Agus SetiawanTentang Penangkapan Pupuk Untuk Bom Ikan

 
Mulai Hari Sabtu tanggal 09 April 2016 s/d hari Sabtu tanggal  16 April 2016 Sat Polair Polres Pangkep mengadakan Patroli diwilyah Kepulauan Kec. Liukang Tangayya Kab. Pangkajene dan Kepulauan yang berhasil mengamankan pupuk Amonium Nitrate sebanyak 214 zak.
Kronologis

 
-  Sabtu tanggal 9 april 2016 sekira jam 17.00 wita Tim Anggota Patroli sebanyak 9 orng yang dipimpin Kasat Pol Air AKP Darwis Akib dan KBO Sat Pol Air lpda syarlis Natsir dengan menggunakan Kapal Polisi C2 dengan no. Lambung XIV-2012 menuju Pulau Tana Keke Kec. Liukang Tangayya dan langsung membentuk 2 tim patroli
dengan melakukan penyamaran menggunakan perahu nelayan berupa perahu motor  (jolloro).  Tim pertama
yang dipimpin Kasat polair AKP Darwis Akib dengan 4 orang anggota dan tim 2 yang dipimpin KBO Ipda
syarlis Natsir dengan 5 orang anggota menuju ke perairan pulau lilikang Kec.  Liukang tangaya Kab.Pangkajene Kepulauan.

 
- Senin tanggal 11 April sekitar pukul 17.00 wita Tim Patroli tiba dipulau Lilikang lalu diperoleh informasi dari masyarakat bahwa di hutan pulau tersebut terdapat Pupuk Amonium Nitrate sehingga tim patroli melakukan penyisiran dan menemukan pupuk sebanyak 32 zak dengan berat bersih 25 kg/zak dengan merk cap Matahari dan selanjutnya tim patroli kembali mendapatkan informasi dari warga pulau lilikang Bahwa dipulau Banawaiya yang tidak berpenghuni juga terdapat pupuk amonium nitrate.
 
- Hari selasa tanggal 12 April  2016 sekitar pukul 11.00 wita tim patroli menindak lanjut info masyarakat dan melakukan penyisiran di pulau Banawayya hutan Bakau dan menemukan 117 zak pupuk Amonium Nitrate  dibatang Pohon Bakau dengan berat 25 kg/zak. Selanjutnya Tim patroli menemui kepala dusun dan melaporkan bahwa dipulau Lilikang dan Pulau banawayya kec.Lk.Tangaya
ditemukan 149 zak pupuk Amonium nitrate dan tim menanyakan kepada kepala dusun terkait kepemilikan barang tersebut namun kepala dusun tidak mengetahui pemilik pupuk tersebut selanjutanya tim patroli membuat surat temuan barang dengan diketahui kepala dusun setempat.

 
Hari Rabu tanggal 13 april 2016 dilakukan penyelidikan terkait penemuan 32 zak pupuk amonium nitrate dipulau lilikan dan diperoleh informasi bahwa barang tersebut diduga milik lel. Darise asal Bone rate kab.Selayar dan terkait kepemilikan 117 zak Amonium Nitrate dari hasil informasi warga diduga milik lel. Said H.gogo dan Piter alias itte.
 
- Hari kamis tanggal 14 april sekitar pukul15.00 wita tim yang dipimpin KBO Ipda Syarlis Nasir mencari kendaraan dipulau lilikan untuk menurunkan sebagian pupuk amonium nitrate tersebut karena tidak muat di perahu serta  cuaca yang ekstrim dan berisiko sehingga personil dibagi menjadi 2 kapal yang pertama melanjutkan perjalanan dengan jumlah personil 2 orang dan 1 kapal menunggu ijin pemilik kapal dengan jumlah 3 orang personil.  jam 15.00 wita tim patroli yang dipimpin oleh KBO Sat Polair Polres Pangkajene Kepulauan Ipda Syarlis Natsir yang sedang berada di pulau Banawaiyya dan membawa barang temuan yang dikawal oleh Ipda Syarlis Natsir dan Aiptu Syakrawianto menuju kekantor Sat Polair Polres Pangkajene Kepulauan di maccini baji, sedangkan 3 orang anggota Sat Polair melaksanakan penyisiran di Pulau Suruabu, sekira jam 17.30 wita di dalam hutan Pulau Suruabu ditemukan 65 zak pupuk Amonium Nitrate setelah itu anggota tim patroli yang dipimpin oleh Brigpol Prayetno menhubungi Kasat Polair malalui Orari dan minta di backup karena telah menemukan lagi 65 zak pupuk Amonium Nitrate
 
- Hari Jumat tanggal15 April sekitar pukul17.00 wita tim patroli kapal pertama tiba di Dermaga Maccini Baji dibawa pengawalan kapal Patroli sat polair polres Pangkep dan sejumlah pupuk Amonium nitrate yang tiba sebanyak 110 zak.
 
- Sabtu jam 02.00 wita Kasat Polair AKP. Darwis  Akib bersama KBO Sat Polair IPDA.  Syarlis Natsir dan anggota sat polair sebanyak 5 orang menuju ke Pulau Suruabu Kec. Liukang tangaya, Kab. Pangkep dengan menggunakan kapal patroli type C2 dengan nomor lambung XIV-2012 dan pada hari Sabtu tgl 16 April 2016 jam 11.00 wita kapal yang memuat barang temuan sebanyak 104 zak Pupuk Amonium Nitrate berlayar menuju kekantor sat polair polres pangkajene kepulauan di pelabuhan maccini baji dengan pengawalan kapal patroli sat polair
 
- Minggu tanggal 17 April 2016 sekitar jam 05.30 wita kapal yang membawa barang temuan sebanyak 104 zak pupuk Amonium Nitrate tiba dipelabuhan maccini baji dalam keadaan aman dan barang temuan sebanyak 104 zak pupuk Amonium Nitrate dalam keadaan lengkap kemudian barang temuan tersebut dibawa kekantor sat polair polres pangkajene kepulauan untuk dikumpul dan disatukan dengan temuan yang pertama sebanyak 110 zak pupuk Amonium Nitrate jadi total keseluruhan barang temuan sebanyak 214 zak pupuk Amonium Nitrate.

Tidak ada komentar: