06 Mei, 2015

Keamanan Laut Terjamin, Ikan RI Diminati Pasar global

Keamanan Laut Terjamin, Ikan RI Diminati Pasar global
BERITA
Muara Baru pasar lelang ikan (Fotografer: Andi Setyawan / NMN)
Lanjut
Pemerintah optimis ekspor produk perikanan akan meningkat selama kuartal II/2015. Peningkatan ekpor dapat dicapai setelah pemerintah mendapatkan sinyal adanya kenaikan permintaan sejumlah produk perikanan asal Indonesia.
Meningkatnya permintaan ekspor dikarenakan keseriusan pemerintah dalam mencanangkan prinsip sektor perikanan yang berkelanjutan serta langkah tegas Pemerintah dalam pemberantasan pencurian ikan (illegal fishing) dan kasus kemanusiaan di sektor perikanan.
“Saya pikir dua hal itu membuat sekarang ini permintaan terhadap produk Indonesia naik tajam. Kita melihat banyak sekarangbuyer(pembeli) yang datang ke sini, dari Amerika, Eropa,” kata Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P. Hutagalung pada the 5th European Tuna Conference dan Seafood Expo Global 2015, Kamis (30/4).  
Menurut Saut, pasar global seperti Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) meningkatkan pembelian produk perikanan dari Indonesia yang menerapkan cara-cara yang benar dalam mengelola  industri  perikanan dalam negeri.
Saut menambahkan produk yang paling banyak dicari adalah ikan tuna, marlin, meka, serta kakap. Menurutnya, KKP akan membuat suatu forum bisnis pada bulan ini untuk mengakomodasi dan mempertemukan para pembeli dengan eksportir dari Indonesia terkait tingginya permintaan tersebut. (Ags/Ast)

Sumber: Bisnis Indonesia, Kontan

Tidak ada komentar: