07 April, 2015

Pujian Jokowi Buat Menteri Susi: Dalam 6 Bulan, Ikan Sudah Gede-gede


Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi melontarkan pujian buat Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menurut Jokowi, prestasi Susi sudah terlihat dengan perbaikan di sektor perikanan.
Pujian Jokowi Buat Menteri Susi: Dalam 6 Bulan, Ikan Sudah Gede-gede
Salah satu hal yang disoroti Jokowi adalah ketegasan Susi terhadap para pelaku pencurian ikan alias illegal fishing. Sudah cukup banyak kapal-kapal asing pelaku illegal fishing uang ditenggelamkan.

"Untungnya ini ditenggelamkan semuanya sama Bu Susi," ujar Jokowi kala pertemuan dengan para pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di komplek Istana Negara, Jakarta, Senin (6/4/2015).

Dampaknya, menurut Jokowi, sudah mulai terasa. Aksi illegal fishing sudah berkurang, sehingga populasi ikan di laut bisa tumbuh lebih baik.

"Saya tanya ke Bu Susi, gimana ikannya? Masih ada nggak? Katanya 6 bulan ikannya sudah gede-gede lagi," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, apa yang dilakukan Susi merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan industri di Indonesia. Ikan jangan lagi dijual mentah, melainkan diolah sehingga punya nilai tambah.

"Ikan ini masuk ke pengalengan, storage," katanya.

Hal serupa tidak hanya berlaku untuk produk perikanan. Jokowi ingin agar Indonesia tidak lagi mengandalkan penjualan barang mentah, tetapi harus membangun industri pengolahan sumber daya alam.

"Punya batu bara mau punya industri, silakan datang ke Kalimantan. Kalau coklat, sudah dalam bentuk permen lah," sebut Jokowi.

(hds/hen) 
http://finance.detik.com/read/2015/04/06/191515/2879541/4/pujian-jokowi-buat-menteri-susi-dalam-6-bulan-ikan-sudah-gede-gede?991101mainnews

Tidak ada komentar: