27 Februari, 2015

10 Nasihat Jadi Kaya dari Entrepreneur Terkaya




Tahun 2015 telah memasuki bulan ke-2. Mungkin ada target yang belum sesuai harapan. Jangan berkecil hati. Waktu masih panjang. Masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperoleh hasil seperti yang kita impikan. Syaratnya, kita harus terus mau bekerja, belajar, dan berjuang. Seperti juga para entrepreneur yang sudah menjelma jadi konglomerat dunia ini. Kekayaan mereka bukan jatuh dari langit. Tapi, mereka punya sikap mental sukses yang selalu mengiringi masa pahit manis perjuangan mereka.
Simak prinsip sukses mereka; semoga kita bisa melangkah lebih baik dalam meraih impian:

 
1. Will King, pemilik perusahaan pencukur “King of Shaves” yang sanggup mematahkan dominasi Gillette.
“Ketika kamu berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan besar yang dengan mudah menggelontorkan uang, kamu harus benar-benar bisa tampil beda. Kamu harus bisa ber-zig, ketika mereka ber-zag.”

Sebagai pengusaha yang memulai dari bawah, King benar-benar menyadari akan pentingnya melakukan berbagai inovasi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jika kita bisa berpikir kreatif dan berbeda dengan yang dilakukan oleh pesaing, selalu ada peluang untuk meraih kesuksesan.

2. Jack Nicklaus, pegolf kelas dunia yang sukses membuat usaha peralatan dan pakaian golf.
“Kejarlah apa yang kamu cintai, apa yang paling membuatmu suka. Jangan biarkan orang lain mendikte jalan hidupmu.”

Sebagai pegolf profesional, Nicklaus telah jadi legenda. Ia membuktikan, apa yang dilakukan dengan sepenuh cinta akan menghasilkan karya yang luar biasa. Maka, untuk sukses, temukan apa yang benar-benar membuat jiwa kita terpanggil, dan cobalah fokus ke sana. Niscaya selalu ada pintu sukses yang akan terbuka.

3. Walt Disney, pendiri Disney dengan berbagai tokoh kartun yang melegenda.
“Cara untuk memulai adalah berhenti bicara dan segera bekerja.”

Pada eranya, Disney dianggap hanya berkhayal saat ingin mewujudkan impiannya membuat taman bermain yang bisa mendunia. Namun, ia memilih untuk segera bertindak sehingga mimpi itu bisa jadi nyata. Kekuatan tindakan inilah yang harus selalu dimiliki oleh entrepreneur sukses agar bisa mewujudkan semua ambisinya.

4. Jeff Bezos, pendiri perusahaan online terbesar, Amazon.com
“Jika kamu berhasil membangun pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan, mereka akan menceritakan hal itu pada pelanggan lainnya. Kekuatan informasi dari mulut ke mulut sangat luar biasa!”

Sejak zaman dulu hingga era teknologi serbamaju seperti sekarang, informasi dari mulut ke mulut masih jadi hal yang paling ampuh untuk membesarkan—dan juga menghancurkan—usaha. Karena itu, jagalah agar usaha sebisa mungkin mampu “menciptakan” berita positif agar tersebar meluas ke publik. Makin bagus berita, makin kuat dukungan masyarakat untuk kemajuan usaha kita.

5. Warren Buffett, raja saham paling kaya di dunia
“Peraturan nomor satu: ‘Jangan pernah kalah.' Peraturan nomor dua: ‘Selalu ingat peraturan nomor satu!’”

Dalam dunia usaha, memiliki ambisi adalah keharusan. Tentu, bukan dengan menghalalkan segala cara. Tapi, dengan memaksimalkan semua potensi yang kita miliki agar benar-benar bisa menggapai impian menjadi nyata. Di sini, target besar dan menantang akan mengarahkan kita mencapai tujuan demi tujuan, sehingga pelan tapi pasti, akan mencapai keberhasilan.


6. Richard Branson, pemilik Virgin Group, yang membawahi banyak perusahaan sukses.
“Pada awalnya saya hanya ingin jadi seorang jurnalis, dan saya tak sepenuhnya ingin jadi seorang entrepreneur. Tapi kemudian saya menemukan fakta bahwa saya harus jadi seorang entrepreneur agar membuat media saya tetap hidup.”

Untuk mencapai sukses, kita harus terjun sepenuh hati pada bidang yang kita tekuni. Branson yang awalnya mendirikan majalah Student pada usia 16 tahun, menjadi pengusaha sukses karena dia berhasil menguasai hampir semua lini bisnisnya dengan terjun langsung pada usaha yang dijalani. Hasilnya, usaha tersebut berkembang hingga lintasbidang, bahkan ke dunia rekaman dan transportasi udara.

 
7. Thomas J. Watson, mantan CEO IBM yang berjuluk salesman terhebat pada masanya.
“Jangan berteman dengan orang yang hanya membuat kita nyaman. Tapi carilah teman yang bisa mendorong kita untuk berani mencapai jenjang lebih tinggi.”

Orang-orang sukses biasanya berkumpul dengan sesamanya. Karena, di sana mereka bisa saling memberikan kritikan, masukan, saran—bahkan “menciptakan” persaingan—yang justru akan memunculkan kekuatan. Karena itu, perluas network bukan untuk mencari “kenyamanan”, tapi carilah iklim yang mampu membuat kita terpacu untuk selalu mengeluarkan potensi terbaik.

 
8. Henry Ford, pendiri perusahaan otomotif Ford Motor Company
“Saya tidak percaya seseorang bisa meninggalkan bisnisnya. Dia pasti memikirkannya tiap hari dan memimpikannya tiap malam.”

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kita harus secara total menggeluti usaha tersebut. Jangan pernah menjadikan sebuah usaha hanya sekadar “sampingan” belaka. Hanya dengan totalitas kerja, yang melibatkan hati, pikiran, perasaan, dan jiwa, akan melahirkan kekuatan luar biasa untuk membesarkan usaha.

 
9. David Ogilvy, seorang pengusaha periklanan paling sukses di dunia.
“Dalam dunia bisnis yang modern, menjadi seorang yang kreatif dan mampu menghasilkan ide yang orisinal tak akan berguna, kecuali kita juga bisa menjualnya!”

Jelas bahwa untuk menjadi pengusaha sukses, bukan hanya butuh produk yang bagus serta layanan yang berkualitas. Karena itu, langkah dan kemampuan kita untuk mampu menjual pada masyarakat luas menjadi kunci penting yang juga harus kita miliki.

 
10. Li Ka Shing, konglomerat pemilik beberapa perusahaan dunia, yang menjadi masuk dalam daftar 25 orang terkaya dan berpengaruh di dunia.
“Visi barangkali adalah kekuatan terbesar kita... Visi bisa membuat kita selalu hidup dan memiliki kekuatan untuk menembus batas waktu berabad-abad, sehingga bisa membuat kita ‘mengintip’ masa depan.”

Sebagai pengusaha, kita harus memiliki pandangan jauh ke depan, tentang apa yang hendak, sedang, dan akan kita lakukan. Memang, masa depan belum pasti. Namun, dengan memaksimalkan apa yang kita bisa hari ini, ditambah dengan memiliki visi ke depan, kita akan mampu mengarahkan diri untuk meraih kesuksesan.

http://www.andriewongso.com/articles/details/14299/10-Nasihat-Jadi-Kaya-dari-Entrepreneur-Terkaya-282-29?utm_source=AW+Newsletter+Subscribers&utm_campaign=c92da37191-Selasa_17_Februari_2015_Entre_Active_User2_16_2015&utm_medium=email&utm_term=0_15a2554ef0-c92da37191-93494149

1 komentar:

Dani Wahyu mengatakan...



Thanks infonya. Oiya, saya juga nemu artikel keren nih yang ngebahas tentang sederet nasihat karier dan keuangan dari sosok ayah yang luar biasa. Simak di sini ya: Wah, nasihat dari sosok ayah ini bisa bikin kamu sukses, simak baik-baik!