15 Januari, 2015

Etika Kerja Bagi Pegawai Baru


Etika dan sikap baik adalah skill yang dibutuhkan untuk sukses saat ini. Menguasai seni dari etika baik ketika bekerja atau menjalani hidup pribadi bisa menjadi faktor yang menentukan apakah kamu mampu dapatkan suatu pekerjaan, kenaikan jabatan, dan kesempatan emas lainnya.

Mempelajari cara bagaimana kerja dengan etika baik akan memberikan dampak positif buatmu dan karirmu. Terlebih jika kamu adalah pegawai yang baru bergabung dalam suatu perusahaan. Berikut adalah hal-hal dasar yang harus kamu pahami untuk dapat bekerja dengan etika baik:

1.Etika baik untuk diri sendiri
Tahukah kamu bahwa orang dapat membuat penilaian tersendiri tentang dirimu hanya dalam waktu 10 detik dan bahkan tanpa sempat satu kata pun terucap dari mulutmu. Maka dari itu, cobalah untuk selalu terlihat positif saat berkenalan dengan orang pertama kali. Selalu tersenyum, ceria, dan fokus akan membuat orang memandangmu sebagai sosok yang mengagumkan.

2.Etika baik untuk handphone
Ingatlah bahwa kamu sudah menjadi dewasa dan berada di dunia professional. Bunyi ringtone HP yang memalukan bisa membuat citramu menjadi buruk. Gunakan ringtone yang biasa saja dan tidak memalukan atau membuat orang merasa terganggu. Ingat juga bahwa apapun yang terjadi, jangan gunakan handphone anda ketika meeting.

3.Etika baik untuk email
Pastikan bahwa alamat emailmu adalah alamat yang professional. Gunakan nama asli lalu diikuti dengan domain nama perusahaan. Sertakan juga informasi mengenai nama, jabatan, dan kontak yang dapat dihubungi di bagian akhir email. Buat email yang singkat, padat, jelas, dan tentu profesional.

4.Etika di sosial media
Perusahaan, klien, dan pihak yang melakukan kerjasama denganmu akan mencari tahu siapa orang yang berkaitan dengan mereka di sosial media. Jika sikapmu buruk di sosial media, maka hal ini bisa berdampak buruk bagi karirmu. Kamu bisa saja dipecat atau mungkin juga kerjasamamu dengan beberapa klien yang potensial dibatalkan. Jangan tulis kata-kata kotor baik ketika berkomentar atau posting. Jangan katakan hal buruk apapun tentang pekerjaan, perusahaan, atau bosmu. Selalu buat citra ceria, semangat, dan optimis di sosial media. Jangan tunjukkan segala masalah pribadimu atau apapun itu. Sadarilah dunia sudah berbeda, dan banyak perusahaan yang mudah menilai orang hanya dari sosial media saja. Maka dari itu, jaga sikapmu dan bersiaplah untuk sukses berkarir!

http://laruno.com/karir/beginilah-seharusnya-etika-kerja-bagi-pegawai-baru/

Tidak ada komentar: