Etika dan sikap baik adalah skill yang dibutuhkan untuk sukses saat ini. Menguasai seni dari etika baik ketika bekerja atau
menjalani hidup pribadi bisa menjadi faktor yang menentukan apakah kamu
mampu dapatkan suatu pekerjaan, kenaikan jabatan, dan kesempatan emas
lainnya.
Mempelajari cara bagaimana kerja dengan etika baik akan memberikan
dampak positif buatmu dan karirmu. Terlebih jika kamu adalah pegawai
yang baru bergabung dalam suatu perusahaan. Berikut adalah hal-hal dasar
yang harus kamu pahami untuk dapat bekerja dengan etika baik:
1.Etika baik untuk diri sendiri
Tahukah kamu bahwa orang dapat membuat penilaian tersendiri tentang
dirimu hanya dalam waktu 10 detik dan bahkan tanpa sempat satu kata pun
terucap dari mulutmu. Maka dari itu, cobalah untuk selalu terlihat
positif saat berkenalan dengan orang pertama kali. Selalu tersenyum,
ceria, dan fokus akan membuat orang memandangmu sebagai sosok yang
mengagumkan.
2.Etika baik untuk handphone
Ingatlah bahwa kamu sudah menjadi dewasa dan berada di dunia
professional. Bunyi ringtone HP yang memalukan bisa membuat citramu
menjadi buruk. Gunakan ringtone yang biasa saja dan tidak memalukan atau
membuat orang merasa terganggu. Ingat juga bahwa apapun yang terjadi,
jangan gunakan handphone anda ketika meeting.
3.Etika baik untuk email
Pastikan bahwa alamat emailmu adalah alamat yang professional.
Gunakan nama asli lalu diikuti dengan domain nama perusahaan. Sertakan
juga informasi mengenai nama, jabatan, dan kontak yang dapat dihubungi
di bagian akhir email. Buat email yang singkat, padat, jelas, dan tentu
profesional.
4.Etika di sosial media
Perusahaan, klien, dan pihak yang melakukan kerjasama denganmu akan
mencari tahu siapa orang yang berkaitan dengan mereka di sosial media.
Jika sikapmu buruk di sosial media, maka hal ini bisa berdampak buruk
bagi karirmu. Kamu bisa saja dipecat atau mungkin juga kerjasamamu
dengan beberapa klien yang potensial dibatalkan. Jangan tulis kata-kata
kotor baik ketika berkomentar atau posting. Jangan katakan hal buruk
apapun tentang pekerjaan, perusahaan, atau bosmu. Selalu buat citra
ceria, semangat, dan optimis di sosial media. Jangan tunjukkan segala
masalah pribadimu atau apapun itu. Sadarilah dunia sudah berbeda, dan
banyak perusahaan yang mudah menilai orang hanya dari sosial media saja.
Maka dari itu, jaga sikapmu dan bersiaplah untuk sukses berkarir!
http://laruno.com/karir/beginilah-seharusnya-etika-kerja-bagi-pegawai-baru/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar