27 Februari, 2014

Fisheries Management/Monitoring, Controll, and Surveillance (MCS) Training Program

Australia-Indonesia: Fisheries Management/Monitoring, Control and Surveillance (MCS) Training ProgramPada tanggal 4-20 Pebruari 2014 telah dilaksanakan “Australia-Indonesia: Fisheries Management/Monitoring, Control and Surveillance (MCS) Training Program” di Hotel Best Western Premier Kuta Bali. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas KKP dan petugas instansi terkait untuk bekerja bersama-sama menerapkan sistem manajemen perikanan yaitu monitoring, control dan surveillance (MCS) supaya sumber daya ikan bisa dikelola secara berkelanjutan.

Kegiatan dibuka pada tanggal 04 Pebruari 2014 oleh Bapak Rusmana, SH, MH dari Pusat Analisis Kerjasama Internasional dan Antar lembaga, Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Rebublik Indonesia dan diikuti oleh 14 orang peserta yang berasal dari Direktorat Sumberdaya Perikanan Ditjen PSDKP, Direktorat Pemantauan SDKP dan PIP Ditjen PSDKP, Direktorat Kapal Pengawas Ditjen PSDKP, Pangkalan Pengawasan SDKP Jakarta Ditjen PSDKP, Pangkalan Pengawasan SDKP Bitung Ditjen PSDKP, Stasiun Pengawasan SDKP Tual Ditjen PSDKP, Satker Pengawasan SDKP Benoa, Satker Pengawasan SDKP Ambon, Satker Pengawasan SDKP Kupang, Pos Pengawasan SDKP Timika, Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan, Polisi Perairan Polda Bali, Kantor Bea dan Cukai Benoa, Kantor Kesyahbandaran dan otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa.
 
Formulasi kegiatan dikemas dalam bentuk penyampaian presentasi oleh trainer, membuat suatu skenario yang dilanjutkan dengan diskusi kelompok, kemudian dituangkan dalam bentuk presentasi oleh peserta. Output peserta dapat diukur dengan penilaian dalam penyelesaian tugas dan praktek, serta kemampuan peserta untuk dapat mengembangkan apa yang sudah dipelajari untuk dituangkan dalam bentuk presentasi individu. Trainer terdiri dari 2 orang dari Australia yaitu: Mr.Andrew Browne dan Mrs. Lydia Woodhouse, Senior Fisheries Officer International Compliance Operations Australia Fisheries Management Authority dan 2 orang dari Indonesia yaitu Bapak. Rusmana, SH, MH dan Bapak Taufiq Budiman Atmamihaja, SH dari Pusat Analisis Kerjasama Internasional dan Antar lembaga, Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.
“Australia-Indonesia: Fisheries Management/Monitoring, Control and Surveillance (MCS) Training Program” berakhir tanggal 20 Pebruari 2014 dengan agenda penyampaian presentasi individu oleh masing-masing peserta dan penutupan. Sebelum ditutup, Cindy Bravos, Manager International Compliance Operations Australia Fisheries Management Authority menyampaikan ucapan terima kasih kepada Andrew Browne selaku kepala project dan Lydia Woodhouse selaku assisten, serta ucapan terima kasih kepada Bapak Rusmana, SH, MH dan Bapak Taufiq Budiman Atmamihaja, SH yang telah membantu menyampaikan materi selama satu minggu, terutama ucapan terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan. Beliau mengatakan bahwa program ini adalah kontrak kerja sama antara Indonesia dan Australia yang sudah dimulai sejak tahun 2013 dan akan berakhir tahun 2015. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat kemampuan petugas untuk menerapkan sistem Monitoring, Control and Surveillance (MCS), dan untuk melindungi sumberdaya ikan di wilayah ini agar sumber daya ikan bisa dikelola secara berkelanjutan.
Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Ibu Ir. Ida Kusuma Wardhaningsih selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pengawasan SDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Dalam sambutannya beliau mengatakan, dari 14 peserta yang mengikuti training di Bali ini akan dipilih 2 orang peserta terbaik yang akan dikirim belajar ke Australia dan setelah itu akan membantu melakukan pelatihan serupa yang rencananya akan dilaksanakan di Batam. Beliau juga berharap, mudah-mudahan dengan adanya peserta dari instansi lain dapat lebih meningkatkan hubungan dan bersinergi bersama-sama dengan petugas KKP dalam menjaga kelestarian sumberdaya ikan di Indonesia. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.

Penulis : Tangguh Asrondi, S.Pi (Pengawas Perikanan Satker PSDKP Avona)

http://stasiunpsdkptual.org/australia-indonesia-fisheries-managementmonitoring-control-and-surveillance-mcs-training-program/

Tidak ada komentar: