16 September, 2012

Kawasan Minapolitan Budidaya Kabupaten Serdang Berdagai


Visi Pengembangan Kawasan Minapolitan Terwujudnya kesejahteraan masyarakat minapolitan dan sekitarnya melalui pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara optimal, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan 

Misi Pengembangan Kawasan Minapolitan Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat di kawasan minapolitan
1.   Meningkatkan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan secara optimal dan bertanggungjawab
2.   Meningkatkan kapasitas SDM, infrastruktur, kelembagaan di kawasan minapolitan
3.   Memelihara daya dukung dan kualitas lingkungan sumberdaya perikanan dan kelautan untuk menjamin sustainability pembangunan.

Gambaran Umum Kabupaten Serda Berdagai adalah sebagai berikut : :
1.   Kabupaten Serdang Bedagai merupakan salah satu Kabupaten yang berada di kawasan Pantai Timur Sumatera Utara. Secara geografis Kabupaten Serdang Bedagai terletak pada posisi 030 01’ 2,5’’- 030 46’ 33’’ Lintang Utara, 980  44’ 22’’- 990 19’ 01’’  Bujur Timur dengan ketinggian berkisar 0 – 500 meter di atas permukaan laut.
2.   Kabupaten Serdang Bedagai memiliki area seluas 1.900,22 Km2   (190.022 Ha) yang terdiri dari 17 Kecamatan dan 236 Desa/ 7 Kelurahan.
3.   Potensi Perikanan Budidaya Seluruh kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai memiliki potensi yang cukup besar dengan total luas potensi 28.258 Ha yang terdiri dari Budi Daya Air  Tawar 6.292 Ha dengan Produksi 94.230 ton/tahun, Budi Daya Air Payau 3.530 Ha dengan produksi 17.950 ton/tahun. Terdapat 2.882 orang orang/RTP dan 110 POKDATAN dan didukung dengan keberadaan Balai Benih Ikan dan Balai Budi Daya Air Payau.
4.   Potensi perikanan tangkap berada di lima kecamatan Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringin, Bandar Khalifah semuannya berpusat di Kecamatan Tanjung Beringin dan Teluk Mengkudu yang telah dilengkapi dengan TPI Dungun dan Sialang Buah. Potensi perikanan tangkap di selat malaka (WPP 571) sebesar 276.000 ton/tahun dan telah dimanfaatkan sebesar 248.731 ton/tahun (90,1 %)
5.   Potensi perairan umum seluas 575,25 Ha dengan potensi produksi 1.150 ton/tahun.

  Kawasan Minapolitan Kabupaten Serdang Bedagai adalah :
1.   Minapolitan  Tangkap direncanakan berpusat di  Kecamatan  Tanjung Beringin, kawasan pendukungnya adalah  Kecamatan  Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu dan Bandar Khalifah;
2.   Kawasan Minapolitan Budidaya  air payau  direncanakan  berpusat  di Kecamatan  Teluk Mengkudu, kawasan pendukungnya adalah Pantai  Cermin, Bandar Khalifah,  dengan komoditas unggulan adalah Ikan Kerapuh dan Ikan Bandeng. 

3.   Kawasan Minapolitan Budidaya  air tawar  direncanakan  berpusat  di Kecamatan  Perbaungan dan Tebing Tinggi.  kawasan pendukungnya adalah  Kecamatan  Tebing Syahbandar, Dolok Masihul, Serbajadi, dan  Kecamatan  lainnya dengan komoditas unggulan Ikan Gurami, Lele, dan Ikan Mas;
 
Langkah-langkah yang telah dilakukan : Penetapan lokasi sasaran minapolitan di kabupaten serdang bedagai,  Pembentukan  tim pokja minapolitan kab. serdang bedagai, Penyusunan master plan minapolitan dan RPIJM, Penyusunan program  pendukung minapolitan dan Persiapan masyarakat  untuk program minapolitan dana tugas pembantuan  Rp. 1.300.000.000,-

Rencana Pengembangan Kawasan Minapolitan 2011-2015,  Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengembangan sarana dan prasarana, Optimalisasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Pengendalian dan Pengawasan Perairan, Pengembangan Jaringan Utilitas, Pengembangan prasarana Transportasi.

Sedangkan Rencana Pengembangan Kawasan Minapolitan Kab. Serdang Bedagai 2013 adalah Pembangunan Pasar Tradisional/Umum di Desa Kuta Baru (Dinas Perindagsar), Pengembangan UPR (Dinas Perikanan dan Kelautan), Pembangunan sarana dan prasarana pengembangan kawasan budidaya air tawar (Dinas Perikanan dan Kelautan), Pengembangan sarana dan prasarana pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (Dinas Perikanan dan Kelautan), Pembangunan jalan lingkungan di Desa Kuta Baru (Dinas Tarukim, Kebersihan dan Pertamanan), Pembangunan Drainase di Desa Kuta Baru (Dinas Tarukim, Kebersihan dan Pertamanan), Perbaikan gizi masyarakat (puskesmas Paya Lombang Kecamatan Tebing Tinggi).


Penulis Mukhtar, A.Pi, M.Si Peserta Rapat Koordinasi Minapolitan Kabupaten Serdang Berdagai pada tanggal 12 September 2012 di Pantai Cermin Theme Part and Resor
 



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasi atas infonya..
Kebutulan saya butuh info ini karena ada tugas kantor yang berhubungan dengan pengembangan wilayah...Ijin copy pak...