20 Oktober, 2011

Presiden Sejak Awal Ingin Ganti Fadel

TRIBUN NEWS/HERUDIN Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad beserta istri menghadiri pelantikan Menteri dan Wakil Menteri di Istana Negara, Jakarta Pusat,

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkali-kali meminta izin kepada Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau akrab disapa Ical untuk mengganti dua kader Golkar di kabinet. Dua kader itu yakni Fadel Muhammad selaku Menteri Kelautan dan Perikanan dan Agung Laksono selaku Menkokesra.

Demikian kata Fadel Muhammad mengutip pernyataan Aburizal Bakrie usai melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar di Jakarta, Rabu (9/10/2011). Pertemuan itu berlangsung sekitar satu jam. Fadel didampingi istrinya, Hana Sasanah Fadel. Tak ada petinggi Partai Golkar lain yang ikut pertemuan itu.

Fadel mengatakan, Ical kemudian mempersilakan Presiden mengganti kadernya. Ical mengusulkan dua Wakil Ketua Umum Golkar sebagai pengganti yakni Theo L Sambuaga dan Tjitjip Sharif Sutardjo. Menurut Fadel, tidak ada kepastian dari Presiden siapa menteri yang diganti sampai detik-detik reshuffle diumumkan.

"Dipermainkan begitu-begitu. Akhirnya, (Ical) bilang ya udah lah, kamu putuskan mana yang mau kamu ambil," kata dia.

Seperti diberitakan, Presiden akhirnya mencopot Fadel. Posisi dia digantikan Tjitjip. Sekitar 4,5 jam sebelum diumumkan Presiden, Fadel diberitahu oleh Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi bahwa dirinya masih dipertahankan di kabinet. Pencopotan baru diberitahu Sudi 10 menit sebelum diumumkan.

http://nasional.kompas.com/read/2011/10/19/19415563/Presiden.Sejak.Awal.Ingin.Ganti.Fadel.

Tidak ada komentar: