19 Oktober, 2011

Cicip Sutardjo akan Lanjutkan Program Fadel Muhammad

Share38

Jakarta - Sharif Cicip Sutardjo resmi dipilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Fadel Muhammad. Cicip pun ingin memodernisasi nelayan dan melanjutkan program yang telah dirintis oleh pendahulunya Fadel Muhammad.

"Yang pasti kita mesti merubah mentalitas kita. Saya yang pasti mesti baca renstra (rencana strategi), dari situ kita bisa lihat. Sumber daya laut sangat menjanjikan, nelayan harus dimodernisasi. Nelayan justru punya posisi tawar," tutur Sharif kepada detikFinance, Selasa (18/10/2011).

Cicip berjanji ingin melakukan industrialisasi di bidang kelautan dan perikanan. Agar nelayan makin sejahtera. "Jadi harus industrialisasi penting jadi industri kita dorong," paparnya.

Dia pun ingin melanjutkan program yang sudah jalan di kementeria kelautan dan perikanan. Termasuk beberapa program yang telah digagas oleh Fadel Muhammad.

"Kalau yang bagus pasti dilanjutkan. Cuman saya lihat nelayan sangat tradisional. Untuk itu kita mesti memodernisasi nelayan,"tandasnya.

Salah satu program besar yang telah dirintis Fadel adalah program Minapolitan. Minapolitan merupakan pengembangan sektor perikanan secara terintegrasi dari hulu ke hilir. Mulai dari pembudidayaan atau penangkapan, proses olahan, hingga pemasaran.

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun 41 lokasi program percontohan (pilot project) Minapolitan sektor perikanan di 2011.

Lokasi minapolitan itu mencakup 24 lokasi percontohan Minapolitan berbasis ikan budidaya yaitu Muoro Jambi (patin), Kampar (patin), Bogor (lele), Banyumas (gurame), Blitar (ikan koi), Gunung Kidul (lele), Morowali (rumput laut), Sumbawa (rumput laut), Sumba Timur (rumput laut), Banjar Kalsel (patin dan nila), Pohuwatu (udang), Boyolai (lele), Klaten (nila), Gresik (udang Vanamae), Serang (rumput laut dan kekerangan(, Maros (udang), Pangkep (udang), Pesawaran (kerapu), Bintan (kerapu), Bangli (rumput laut), Muri Rawas (nila dan mas), Pandeglang (nila dan mas), dan Kapuas (patin).

Lokasi minapolitan ikan tangkap ada sebanyak 9 lokasi yaitu Sukabumi (pelabuhan ratu), Cilacap, Pacitan, Banyuwangi, Ternate, Bangka, Bitung, Medan, dan Ambon. Lokasi minapolitan garam di 8 lokasi yaitu Cirebon, Indramayu, Rembang, Pati, Pamekasan, Sampang, Sumenep, dan Nagakeo.

(van/hen)
http://finance.detik.com/read/2011/10/18/221740/1747158/4/cicip-sutardjo-akan-lanjutkan-program-fadel-muhammad

Tidak ada komentar: