16 Maret, 2019

Magnet Bisa Cegah Hiu Terperangkap di Jaring Nelayan



Ilustrasi hiu (Foto: WIkipedia)

Jika ingin memancing di laut dengan aman dan tenang tanpa perlu takut mengundang perhatian hiu, maka sebaiknya Anda memasang magnet di kail. Sebab, magnet diyakini sebagai penangkal hiu paling efektif.
Menurut riset terbaru, magnet mampu menangkal hiu dan pari serta mencegah mereka terperangkap di jaring nelayan. Studi ini dipublikasikan di Fisheries Research.

"Kami terkejut melihat betapa suksesnya (riset) ini," kata Vincent Raoult, selaku ahli ekologi kelautan di Universtiy of Newcastle di Australia, seperti dikutip National Geographic.
Hiu memiliki pori-pori indera di bagian depan kepala mereka, yang memungkinkannya untuk mendeteksi arus listrik yang dihasilkan oleh kontraksi otot mangsa mereka.
"Mereka pada dasarnya dapat merasakan di mana makanannya, bahkan jika mereka tidak dapat melihatnya atau menciumnya," tambah Raoult.


Hiu Paus. (Foto: Thinkstock/Crisod)

Namun medan magnet yang kuat dan tidak alami dapat mengganggu indera tersebut. Raoult menggambarkan magnet seperti bau busuk yang datang tiba-tiba. "Itu hal yang tidak menyenangkan bagi hewan sejauh yang kami tahu."

Penelitian
Pengujian dilakukan tim ilmuwan dengan menempatkan empat batang magnet setinggi 7,6 sentimeter, yang terbuat dari ferrite, dalam umpan. Mereka menguji umpan ini di muara sungai Hawkesbury di Sydney, Australia.
Kapal penangkap ikan sering berburu kakap Australasia dan ikan air tawar kuning di wilayah tersebut. Namun upaya mereka sering kali diganggu oleh ikan penyusup yang ikut terjaring, seperti hiu Wobbegong, hiu Port Jackson, dan tak jarang ikan pari listrik. Sekitar 10 persen tangkapan nelayan berisi hiu atau pari yang ikut terjaring.


Ilustrasi hiu macan. (Foto: Albert Kok via Wikimedia Commons)

Setelah memantau hampir 1.100 perangkap selama delapan bulan, para peneliti menemukan bahwa rata-rata perangkap dengan magnet memiliki 30 persen lebih sedikit tangkapan hiu yang ikut terjaring. Hal ini membuat jaring perangkap ikan semakin efektif dan menarik 30 persen lebih banyak ikan kakap.
Meski magnet dinilai efektif mencegah hiu ikut terperangkap di jaring nelayan, namun perenang tidak disarankan membawa magnet untuk mencoba menangkal hiu.





Mau Sehat dan Menyehatkan Minum Air Izaura
 Mau Meraih Penghasilan Besar, Membantu Kesehatan Semua Orang dan Memiliki Bisnis Yang Mudah Anda Jalankan Tanpa Modal Besar.
Berminat Hub Mukhtar, A.Pi  HP. 081342791003 
Kami akan menunjukan Anda Jalan Mencapai Impian

Kenal Lebih Jauh Dengan Air Izaura 

Cari Kos Kosan di Kota Kendari ini tempat 
Kos Putri Salsabilla Kendari
 Hub 081342791003
 
 
Menerima pesanan Kanopi, Pagar Besi, Jendela
 dengan Harga Murah dengan Sistim Panggilan.
 
 
Topi Pegawai Ditjen Perikanan Tangkap
Berminat Hub 081342791003 
 
 
Miliki Kavling tanah di Pusat Pemerintahan Kabupaten Bima di GRIYA GODO PERMAI BIMA
Berminat Hub 081342791003

Tidak ada komentar: