27 Juli, 2018

Australia Kaget! Mutu Produk Perikanan Indonesia Sangat Baik




Ilustrasi nelayan memindahkan ikan tuna hasil tangkapan dari kapal. (Foto: antara/OJT/Muhammad Ifdhal)
Ilustrasi nelayan memindahkan ikan tuna hasil tangkapan dari kapal. (Foto: Antara/Muhammad Ifdhal)
INFONAWACITA.COM – Negeri Kangguru Australia sampai kaget ketika memeriksa produk perikanan Indonesia. Tim Departemen Pertanian dan Sumber Daya Air (DAWR) Australia sampai tidak menyangka jika mutu produksi perikanan Indonesia sangat baik.
Kepala Pusat Pengendalian Mutu Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Widodo Sumiyanto menjelaskan jika hal tersebut didapat dari hasil inpeksi mereka. Kata Widodo, atas hal tersebut, Indonesia pun meraih predikat memuaskan dari DAWR Australia atas produk perikanan.

“Intinya, secara rangkuman pada saat closing meeting, tim DAWR sangat puas dengan sistem yang diterapkan di Indonesia baik untuk mutu dan keamanan hasil perikanan. Dia (inspektur dari Australia) sampai mengatakan ini di luar ekspektasi tim Australia,” jelas Widodo seperti termuat dalam keterangan resmi, Jumat (20/7/2018).

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, hingga saat ini Indoensia telah mengekspor sejumlah komoditas perikanan lainnya ke Australia seperti ikan karang, barramundi (kakap putih) grouper (kerapu). Tak hanya itu, ekspor udang ke Australia pun telah berjalan, tetapi belum dalam jumlah yang tergolong kecil.
Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, volume ekspor udang ke negeri kanguru tahun lalu hanya 41,6 ton dengan nilai US$370.969. Sementara pangsa ekspor udang Indonesia ke Australia mencapai 0,03% dari total pengapalan ke seluruh dunia, baik secara volume maupun nilai.

Dalam inspeksi yang dilakukan sejak 2-6 Juni ini, perwakilan pemerintah Australia melakukan inspeksi atas sejumlah hal seperti cara pembibitan, pembesaran, dan panen hingga pemrosesan udang, begitu pula dengan kondisi dan system yang berjalan pada laboratorium di Indonesia.

Dengan pencapaian hasil positif ini, diharapkan Indonesia mendapat kemudahan mengekspor komoditas udang mentah beku ke Australia sehingga dapat menggenjot volume ekspor perikanan Indonesia. (DS/yi)

https://infonawacita.com/australia-kaget-mutu-produk-perikanan-indonesia-sangat-baik/



KAVLINGAN GRIYA GODO PERMAI BIMA

Kos Putri Salsabilla Kendari

BATIK MOTIF IKAN




Tidak ada komentar: