24 Desember, 2017

Menteri Susi Bantu Enam Rumah Nelayan di Wakatobi

Rumah seorang warga Mola di Wakatobi direhab oleh tim dari KKP. Program bedah rumah ini adalah instruksi langsung dari Menteri Susi
LENTERASULTRA.com-Sudah hampir setahun, Susi Pudjiastuti pernah berkunjung ke kampung nelayan Mola, di Wakatobi. 21 Maret 2017 tepatnya. Ketika berkeliling kawasan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kelautan itu mengaku prihatin melihat beberapa rumah nelayan yang tak layak huni.

Hati Susi trenyuh. Ia pun berjanji akan membantu memperbaiki bangunan-bangunan itu agar penghuninya bisa mendapat tempat tinggal layak. Karena Susi bukan politisi, tentu ia menepati janjinya. Dan terbukti, enam rumah nelayan di kampung itu benar-benar ia pugar.
Sejak Selasa (19/12) lalu, tim dari KKP sudah berada di Wakatobi, melakukan renovasi terhadap enam rumah yang benar-benar dianggap tak layak. “Saya diutus ibu menteri untuk ke Wakatobi memastikan pekerjaan sudah selesai dan sesuai harapan ibu menteri,” terang Saifuddin, Direktur Perizinan dan Kenelayanan Direktorat Perikanan Tangkap KKP.

Katanya, setiap rumah yang mendapat bantuan oleh KKP ini dianggarkan 20 juta. Kondisi rumah yang mulai mengalami kerusakan serius telah lama menjadi perhatian.
“Kan kasian mereka harus tinggal dalam rumah yang mulai miring. Takutnya jatuh,” sambung dia sambil menunjuk sebuah rumah dimana ia pernah menyaksikan anak kecil berumur 6 tahun jatuh karena lantai rumah berbahan bambu mulai rapuh saat mengawal Kunker Menteri Susi.

Saifuddin (baju putih), Direktur Perizinan dan Kenelayanan Direktorat Perikanan Tangkap KKP yang diutus Menteri Susi memantau langsung proses bedah rumah enam KK di Wakatobi
Ia harapkan para investor di Wakatobi terutama yang berkaitan dengan kegiatan pengelolaan perikanan dan kelautan melihat rumah-rumah warga yang membutuhkan bantuan untuk diperbaiki. “Agar perusahaan-perusahaan besar dapat mengalokasikan CSR dalam kegiatan-kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepela Desa Mola Utara, Muhidin yang kebetulan berada di lokasi pembongkaran dan pekerjaan mengungkapkan ia sangat bersyukur adanya program bedah rumah tersebut. Karena membantu warganya yang tidak mampu. “Saya sangat bersyukur adanya program ibu menteri Susi ini. Semoga kegiatan seperti ini bisa berjalan terus. (gayus)

Tidak ada komentar: