21 Oktober, 2017

CAPAIAN PNBP TERBESAR PPS KENDARI DARI SEKTOR AIR BERSIH

Petugas Air bersih saat melakukan pengecekan di bak pengolahan air bersih. Foto by: Capture Profil PPS Kendari

PPS Kendari (20/10) Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari terus mengalami peningkatan. Belum menutup tahun 2017 hingga bulan desember nanti, PNBP PPS Kendari telah melampaui target. Sektor penerimaan tertinggi berasal dari sektor jasa air bersih.

Produksi air bersih PPS Kendari 700 M3/hari yang bersumber dari sumur bawah tanah dengan kedalaman rata-rata 110 Meter. Jumlah sumur yang ada adalah 5 sumur dengan Kapasitas rata-rata 12 Kiloliter/jam/titik. Sebelum di distribusikan kepada masyarakat/stakeholder, air bersih terlebih dahulu diolah secara fisik untuk dihilangkan zat besi dan kotoran setelah itu dilakukan proses kimiawi untuk menjernihkan dan membunuh kuman yang terdapat dalam air.

Capaian PNBP untuk sektor air bersih saat ini sudah mencapai 2,21 miliar atau naik 14% dari target 1,8 Miliar (100%). Sedangkan dari seluruh jenis penerimaan yang ada di PPS Kendari, jasa air bersih menduduki posisi tertinggi dengan presentase 40,18% dari 11 jenis penerimaan diantaranya jasa penggunaan listrik (34,33%), jasa penggunaan tanah dan bangunan (10,57%) jasa pas masuk (4,30%), kebersihan (2,1%), IPAL (0,11%), dan seterusnya. 

 
Petugas Air bersih saat melakukan pemeliharaan sarana pengolahan air bersih. Foto by : Fin
Peningkatan PNBP tidak terlepas dari usaha PPS Kendari khusunya bidang tata Kelola yang terus memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder dan masyarakat nelayan. Pemeliharaan dan pembenahan sarana prasarana dari sektor air bersih terus ditingkatkan, serta inspeksi perpipaan oleh petugas air bersih yang sering dilakukan untuk mewaspadai adanya pipa yang tersumbat yang dapat menghalangi pendistribusian air bersih ke masing-masing perusahaan.

Tidak ada komentar: