02 Maret, 2017

Direktur Jenderal PSDKP Terima Kunjungan Australian Border Force

australia-borderKKPNews, Jakarta – Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Eko Djalmo Asmadi, menerima kunjungan Minister Counselor Australian Border Force (ABF) dalam kerangka peningkatan kerja sama pengawasan perikanan antara Indonesia. Pertemuan berlangsung di ruang rapat Direktorat Jenderal PSDKP, Jakarta (28/2).

Kunjungan dimaksudkan untuk saling memperkenalkan diri antara Direktur Jenderal PSDKP yang baru menduduki jabatannya sejak bulan Januari 2017, juga perkenalan Comander Chris Water yang baru menduduki jabatannya sebagai Minister Counselor di Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Selain itu kunjungan juga dimaksudkan untuk memperat kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia dalam kerangka Indonesia-Australia Fisheries Surveillance Forum (IAFSF) yang dimulai sejak tahun 2009. Kerja sama tersebut tertuang dalam Letter of Intent (LoI) between The government of the Republic of Indonesia and Government of Australia concerning Cooperation and Assistance relating to Fisheries Surveillance and Law Enforcement yang ditandatangani oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Menteri Dalam Negeri Australia pada tanggal 17 Juli 2009.

Implementasi kerja sama yang telah dilaksanakan meliputi patroli terkoordinasi (coordinated patrols) secara rutin setiap tahunnya dan melibatkan kapal patroli Direktorat Jenderal PSDKP, serta kapal patroli dan pesawat udara dari ABF. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia Pengawas Perikanan dan Awak Kapal Pengawas, serta beberapa pelatihan teknis lainnya.
Penulis :  Sahono Budianto

Tidak ada komentar: