07 April, 2016

Satgas 115 Menenggelamkan 23 Kapal Ikan Asing Pelaku Illegal Fishing


Jpeg
KKPNews, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Satuan Tugas (Satgas) 115 kembali menenggelamkan 23 Kapal Ikan Asing (KIA) pelaku illegal fishing. Penenggelaman KIA pelaku illegal fishing ini merupakan yang ketiga kalinya pada tahun 2016.

Penenggelaman berlangsung secara serentak di 7 lokasi, yaitu Batam, Tarempa-Riau, Idi/Langsa-Aceh, Tarakan, Belawan, Pontianak, dan Ranai yang dikomandoi langsung melalui live streaming video oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selaku Komandan Satgas 115.

“Hiu 1 Ranai, Paus memanggil, siap tenggelamkan kapal? Hitungan mundur, 5 4, 3, 2, 1, ledakkan!” aba-aba Menteri Susi saat mengkomandoi penenggelaman kapal di Ranai, Kepulauan Riau via live streaming video di kantornya, Selasa (5/4).

Menteri Susi juga mengadakan konferensi pers setelah live streaming video penenggelaman kapal di tujuh lokasi selesai dilaksanakan. Dalam konferensi persnya, Menteri Susi mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kegiatan penenggelaman KIA pelaku illegal fishing di Indonesia.
“Pemerintah tidak akan berhenti melakukan pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal untuk menegakkan kedaulatan Indonesia di laut serta mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa,” tegas Menteri Susi.

Adapun mengenai kondisi wilayah laut Indonesia yang marak akan illegal fishing, Menteri Susi menyatakan bahwa illegal fishing sudah jauh berkurang sejak setahun yang lalu.

“Sekarang yang marak di Natuna, kemudian Sulawesi, di atas Morotai. Biasanya mereka mengambil ikan tuna, mereka punya rumpon-rumpon di wilayah kita. Marak sih masih, tapi tidak separah dulu. Dulu kan di semua wilayah,” ujar Menteri Susi. (RA)

Nonton Vidionnya 

Satgas 115 Menenggelamkan 23 Kapal Ikan Asing Pelaku Illegal Fishing


http://kkpnews.kkp.go.id/index.php/kkp-tenggelamkan-23-kia-pelaku-illegal-fishing/

Tidak ada komentar: