10 Februari, 2016

Kapal Pengawas KP. Hiu 013 Menggalkan Penyeludupan Bawang 24 Ton Dari Malaysia


KKP LIMPAHKAN TANGKAPAN KAPAL PENGANGKUT 24 TON BAWANG MERAH KE BEA CUKAI

Jakarta (8/2). Kapal Pengawas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Hiu 013 di bawah kendali Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) melakukan operasi tangkap tangan terhadap satu kapal ilegal yang mengangkut 24 ton bawang merah di perairan Selat Malaka, pada tanggal 6 Februari 2016. Penangkapan tersebut dilakukan pada saat KP Hiu 013 menggelar operasi rutin pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di sekitar perairan Selat Malaka, dengan melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang dicurigai melakukan kegiatan ilegal. Demikian diungkapkan Direktur Pengoperasian Kapal Pengawas, Direktorat Jenderal PSDKP, Goenaryo, di Jakarta (7/2).
 
Pada saat melakukan pemeriksaan terhadap KM. Ria VII berbendera Indonesia, pada tanggal 6 Februari 2016 sekitar pukul 16.00 WIB, di Selat Malaka, posisi 10 53’ 338” U 1020 09’ 830” T, diketahui kapal tersebut berangkat dari Malaysia dan menuju Bengkalis-Riau dengan membawa muatan bawang merah sekitar 24 ton tanpa kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan.
 
Atas dasar hasil pemeriksaan tersebut, berdasarkan koordinasi dengan instansi terkait, serta berdasarkan pertimbangan jarak dan cuaca kemudian kapal di bawa ke Dumai, Riau. Dikarenakan dugaan kegiatan ilegal yang dilakukan oleh KM. Ria VII terkait dengan pelanggaran dibidang kepabeanan, maka kapal beserta ABK dan barang bukti diserahkan kepada Penyidik Bea Cukai, Dumai, Riau.


Hal ini telah sejalan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Sebagaimana KUHAP menyebutkan bahwa dalam hal tertangkap tangan setiap orang berhak, sedangkan setiap orang yang mempunyai wewenang dalam tugas ketertiban, ketenteraman dan keamanan umum wajib, menangkap tersangka guna diserahkan beserta atau tanpa barang bukti kepada penyelidik atau penyidik. (SBO)

 
http://djpsdkp.kkp.go.id/index.php/arsip/c/279/?category_id=20

1 komentar:

give me smile mengatakan...

kami dari keluarga besar Bea Cukai mengucapkan terima kasih banyak atas keberhasilan Kapal Hiu 013 dalam penangkapan kapal penyelundup bawang...