27 Januari, 2016

RI – Timor Leste Perkuat Kerja Sama Berantas Illegal Fishing

 
KKPNews, Timor Leste – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti resmi menandatangani kerja sama dengan Menteri Senior, Menteri Koordinator dan Menteri Pertanian dan Perikanan Republik Demokratik Timor-Leste, Estanislau Alaixo da Silva, dalam kunjungan kerja bersama Presiden Joko Widodo ke Timor Leste, Selasa (26/1).

Indonesia menjalin kerja sama dengan Timor Leste antara lain dalam mendukung upaya-upaya pencegahan, menghalangi dan menghilangkan IUU Fishing, serta meningkatkan upaya-upaya dan langkah-langkah untuk mempromosikan praktek penangkapan ikan yang bertanggungjawab dan untuk memerangi IUU Fishing melalui berbagi informasi dan kegiatan-kegiatan pembangunan kapasitas.

Selain itu, di sektor perikanan, Timor Leste juga menyepakati penerapan prinsip-prinsip kehati-hatian dalam tata kelola perikanan berkelanjutan, termasuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengurangi  upaya penangkapan ikan, dan mengeksplorasi setiap kemungkinan inisiatif bersama. Hal tersebut tentunya dilakukan secara sukarela.

“Kami juga memperkuat kerja sama dengan Pemerintah dan organisasi internasional lainnya untuk memerangi IUU Fishing dan mempromosikan tata kelola perikanan berkelanjutan”, ujar Menteri Susi.

Dengan  penandatanganan kerja sama ini, maka Indonesia telah menuntaskan  inisiatif merangkul negara-negara di sekitar perairan Republik Indonesia yang rawan praktik IUU Fishing yakni Australia, Papua Nugini dan Timor-Leste. Hal tersebut akan mempermudah operasi-operasi pemberantasan IUU  Fishing, sekaligus sebagai strategi mendorong aksi nyata kerja sama regional yang lebih operasional, terkoordinasi, dan bersifat masif. (MD)


Tidak ada komentar: