05 September, 2015

Ditjen PSDKP Melaksanakan Temu Koordinasi Lintas Sektoral (Pusat dan Daerah) Terkait Pengawasan Sumber Daya Perikanan Tahun 2015

Direktorat Pengawasan Sumber Daya Perikanan Ditjen PSDKP menyelenggarakan Kegiatan Temu Koordinasi Lintas Sektoral (Pusat dan Daerah) Terkait Pengawasan Sumber Daya Perikanan Tahun 2015 dilaksanakan  pada tanggal 2 s/d 4 September 2015 bertempat Hotel Grand Serpong Jalan MH. Tamrin KM. 27 Tangerang Banten yang dibuka oleh Bapak Asep Burhanudin Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan didampingin oleh Ibu Ir. Sere Alina Tampubolon, M.PSt Direktur Pengawasan Sumber Daya Perikanan dan Bapak Hariyanto, SH Kasubdit Pengelolan dan Pengawasan SDKP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten yang dihadiri undangan Bapak Ir. Nugroho Aji, M.Si Direktur Pemantauan SDKP dan PIP serta Bapak Drs. Lapis Silalahi, MM Direktur Penanganan Pelanggaran.
Tujuan Temu Koordinasi Lintas Sektoral (Pusat dan Daerah) Terkait Pengawasan Sumber Daya Perikanan Tahun 2015 adalah 1). Menyamakan persepsi dalam menentukan kebijakan pengawasan sumber daya perikanan, 2). Mengidentifikasi isu, tantangan dan hambatan dalam implementasi pengawasan sumber daya perikanan, serta diperolehnya bahan penentuh arah kebijakan baik mengenai sumber daya manusia, sarana prasarana, sistem dan prosedur pengawasan di Provinsi/Kabupaten/Kota.
Sasaran Temu Koordinasi Lintas Sektoral (Pusat dan Daerah) Terkait Pengawasan Sumber Daya Perikanan Tahun 2015 adalah Kelancaran kegiatan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku di tingkat pemerintah pusat dan daerah.
Peserta Temu Koordinasi Lintas Sektoral (Pusat dan Daerah) Terkait Pengawasan Sumber Daya Perikanan Tahun 2015 sebanyak 75 (tujuh puluh lima) orang terdiri dari : Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi seluruh Indonesia, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kota yang ditunjuk, Mabes TNI-AL, Direktorat Polair Mabes Polair, Ditjen Perikanan Tangkap, Ditjen Perikanan Budidaya, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Ditjen KP3K, BKIPMKHP, BPSDMKP, UPT PSDKP dan perwakilan dari Eselon II Ditjen PSDKP.
Pengarahan disampaikan oleh Bapak Direktur Jenderal Pengawasan SDKP dengan judul ”Arah Kebijakan dan Starategis Pengawasan SDKP Tahun 2015” sedangkan narasumber lain menyampaikan dengan model talkshow  dengan topik :
1)    Direktur Pengawasan Sumber Daya Perikanan, Ditjen PSDKP dengan judul ”Implementasi Pengawasan Sumber Daya Perikanan”.

2)    Direktur Pelayanan Usaha Penangkapan Ikan, Ditjen Perikanan Tangkap dengan judul ”Kebijakan Perizinan Kapal Perikanan dan Sinkronisasi Kewenangan Perizinan Pusat dan Daerah”.
3)    Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan, Ditjen Perikanan Tangkap dengan judul ”Implementasi Kebijakan Pelarangan Penggunaan API/ABPI serta Isu dan Tantangan yang dihadapi”.

4)    Direktur Pemasaran Dalam Negeri, Ditjen P2HP dengan judul ”Implementasi Kebijakan Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) serta Isu dan Tantangan yang dihadapi”.
5)    Kepala Pusat Karantina Ikan, BKIPMKHP dengan judul ”Implementasi Pemantauan Importasi Ikan Melalui Penerbitan Surat Pelepasan oleh Petugas Karantina Ikan”.

6)    Direktur Kesehatan Ikan dan Lingkungan, Ditjen Perikanan Budidaya dengan judul ”Implementasi Kebijakan Penggunaan dan Pengendalian Obat Ikan, Bahan Kimia dan Biologi dalam Usaha Pembudidayaan Ikan’’.
7)    Direktur Usaha Budidaya, Ditjen Perikanan Budidaya dengan judul ”Kebijakan Perizinan Kapal Pengangkut Ikan Hasil Budidaya dan Tantangan yang dihadapi”.

8)    Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ditjen Perhubungan Laut dengan judul ”Kebijakan Pendaftaran Kapal Perikanan di Kementerian Perhubungan”.
9)    Kepala Biro Hukum, Kementerian Dalam Negeri dengan judul ”Kebijakan UU RI Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan Harmonisasi Implementasinya di Daerah”.
Penutupan dilakukan oleh Direktur Pengawasan Sumber Daya Perikanan didampingin oleh Kepala Sub Bidang Pengawasan Penangkapan Ikan Wilayah Barat.
Oleh :  Mukhtar, A.Pi, M.Si   (Peserta)
Kasie Operasional Kapal Pengawas Wilayah Barat

Tidak ada komentar: