08 Februari, 2014

5 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Menyerang Kelamin Wanita

Merry Wahyuningsih - detikHealth
 

Jakarta - Bila tidak pintar-pintar menjaga kebersihan dan kesehatan kelamin, vagina lebih rentan diserang penyakit ketimbang kelamin pria. Hal ini karena letaknya yang lebih menjorok ke dalam dan cenderung lembap.  Berikut 5 masalah kesehatan yang paling umum menyerang kelamin wanita, seperti dilansir Mayoclinic, Jumat (7/2/2014):





1. Masalah seksual
Masalah kelamin wanita yang berhubungan dengan urusan seksual antara lain nyeri genital persisten atau berulang sebelum, selama atau setelah berhubungan seks (dispareunia). Juga nyeri pada saat penetrasi yang bisa disebabkan oleh kejang tak terkendali dari otot-otot dinding vagina (vaginismus).

 2. Infeksi menular seksual

Berbagai infeksi menular seksual dapat mempengaruhi vagina, termasuk kutil kelamin, sifilis dan herpes genital. Tanda dan gejala mungkin termasuk keputihan abnormal atau luka genital.

3. Vaginitis

Suatu infeksi atau perubahan keseimbangan normal bakteri vagina dapat menyebabkan peradangan vagina atau yang disebut vaginitis. Gejalanya antara lain keputihan, bau, gatal dan nyeri.

Jenis-jenis vaginitis yaitu vaginosis bakteri, yang terjadi karena pertumbuhan berlebih salah satu dari beberapa organisme yang biasanya hadir dalam vagina, infeksi jamur, yang biasanya disebabkan oleh jamur alami yang disebut Candida albicans, dan trikomoniasis, yang disebabkan oleh parasit dan sering ditularkan oleh hubungan seks.

4. Prolaps rahim
Jika ligamen pendukung dan jaringan ikat yang memegang rahim tetap berada di tempatnya menjadi lemah, rahim, kandung kemih atau rektum mungkin tergelincir ke dalam vagina (prolaps rahim). Akibatnya, vagina juga jadi tertarik ke bawah.

5. Penyakit dan kondisi lain
 

Kista vagina dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks atau membuat sulit untuk memasukkan tampon. Ada juga penyakit kanker vagina, kondisi langka yang pertama muncul dengan gejala perdarahan vagina setelah menopause atau berhubungan seks.


http://health.detik.com/read/2014/02/07/165836/2490625/1390/0/5-masalah-kesehatan-yang-paling-sering-menyerang-kelamin-wanita880006fau181u181

Tidak ada komentar: