08 Januari, 2014

Keindahan Kota Kuala Kencana Timika


Kota Kuala Kencana merupakan kota baru yang berada di Kabupaten Mimika, Kota ini terbentuk ketika dibangun oleh Freeport untuk memfasilitasi semua kebutuhan karyawan yang tinggal atau bekerja di kawasan Freeport. Kawasan Kuala Kencana yang masih berada di dalam Kota Timika ini tidak boleh dimasuki orang sembarangan.
 Mukhtar, A.Pi, M.Si Kepala Stasiun PSDKP Tual


Ketika kami mengunjungi Kota Timika Mimika sempat mengunjungi kota tersebut sambil foto-foto di tugu pusat kota Kuala Kencana pada tanggal 10 Desember 2013
Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Tual Mukhtar, A.Pi, M.Si bersama Koordinator Pos Pengawasan SDKP Timika Haryadi Nugroho, S.IP, M.Si

Ketika memasuki kompleks, setiap ujung jalan terdapat simbol-simbol peraturan lalu lintas. Pemandangan ini dilengkapi dengan jalan yang sudah diaspal sempurna. Meski di kanan dan kiri jalan yang masih ada hutan-hutan, jalanan terlihat sangat bersih sekali. Tak ada satupun sampah yang tergeletak sembarangan.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Kuala Kencana bisa dibilang sangat lengkap dan memadai semua kebutuhan karyawan. Tak hanya karyawan, para keluarganya yang tinggal di sana pun bisa ikut mengecap kenyamanan fasilitas ini. Selain komplek perkantoran dan komplek perumahan untuk karyawan Freeport, ada juga fasilitas lain seperti sporthall, lapangan golf, sekolah, klinik kesehatan, masjid, gereja hingga shopping center. Semua fasilitas ini membuat Kuala Kencana menjadi seperti kota di dalam kota.

Sekolah yang ada di Kuala Kencana merupakan sekolah khusus bagi anak-anak yang orang tuanya bekerja di Freeport. Model-model rumah yang ada di kompleks Kuala Kencana hampir menyerupai model rumah ala negara barat. Tanpa pagar depan, halaman depan yang sangat besar dan dihiasi rumput yang indah. Sampai-sampai, bentuk rumahnya pun hampir mirip dengan desain rumah ala negara Barat.
Jadi jika mengunjungi Kuala Kencana, Anda dapat merasakan atmosfer yang berbeda. Konsep pembangunan Kuala Kencana cukup menarik yaitu ecoLiving. Ini terlihat dari adanya hutan asri yang ditinggali oleh binatang binatang endemik Papua. Salah satunya adalah burung Cendrawasih. Suara burung cendrawasih juga sering terdengar berkicau di sekitar kompleks.

Tidak ada komentar: